JAKARTA, iNews.id - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) membukukan kinerja keuangan yang positif pada semester I tahun ini. Perseroan akan mengembangkan lini bisnis konten dan digital di masa depan demi meningkatkan kinerja perusahaan.
“Kami telah berhasil melewati semester I dengan luar biasa di tahun ini, disertai dengan kinerja kuartal II 2021 yang solid, di mana kami menghasilkan free cash flow yang kuat dan berhasil men-develerage neraca keuangan kami," kata Executive Chairman of MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam keterangannya, Rabu (1/9/2021).
Dia mengatakan, MNCN memiliki bisnis TV Free to Air (FTA) yang kokoh dan akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang.
"Namun, hal yang paling memotivasi saya saat ini adalah peluang yang sangat luar biasa di dalam bisnis konten dan digital kami yang meliputi dua pilar inti MNCN yang akan menjadi fokus utama kami ke depannya," ujar Hary.
Lebih lanjut dia menuturkan, permintaan dan minat pada konten perseroan terus mengalami peningkatan luar biasa di berbagai platform, baik dari dalam maupun luar negeri.
"Sehingga kami memiliki harapan yang tinggi bagi keduanya, RCTI+ dan pengembangan terbaru lini bisnis kami di esports dan bisnis terkait game juga menunjukan potensi yang sangat baik. Saya akan terus memimpin pengembangan bisnis kami yang berkelanjutan, di tengah perkembangan ruang lingkup media yang lebih luas saat ini,” tuturnya.
Adapun penguatan lini pemrograman secara konsisten menghasilkan peningkatan substansial pada pangsa pemirsa untuk 4 TV FTA. MNCN telah mengalami peningkatan yang signifikan pada pangsa pemirsa prime time-nya dari tahun ke tahun dengan meraih 36,6 persen pada Juli 2020 hingga mencapai 56 persen pada Juli 2021, yang pada akhirnya memperluas pangsa pasar belanja iklan FTA nasional ke 48 persen pada kuartal II 2021.
Seluruh konten lokal yang disiarkan merupakan konten yang diproduksi sendiri, sehingga memungkinkan perseroan untuk menempatkan iklan di dalam konten, dalam bentuk built-in dan/atau iklan virtual, yang pada akhirnya memperluas inventory iklan milik perseroan setiap harinya. Pada Juli 2021, MNCN berhasil menorehkan pencapaian luar biasa dengan menyiarkan 10 program terbaik (semua jenis program) di Indonesia.
Salah satu aset digital terpenting milik perseroan, yaitu RCTI+, yang menawarkan konten yang berlimpah bagi konsumen digital melalui desktop, web seluler, dan aplikasi Android/iOS, telah berkinerja sangat baik hingga saat ini, baik dalam hal traffic (MAU/monthly active users) maupun kontribusi pendapatan. Pada Juli 2021, RCTI+ telah berhasil mencapai 39,8 juta MAU melampaui pencapaian pada periode yang sama di tahun lalu yaitu 9,5 juta MAU. Hal ini mencerminkan tingkat pertumbuhan yang luar biasa dengan menorehkan tingkat pertumbuhan lebih dari 4x
dalam 12 bulan terakhir.