JAKARTA, iNews.id - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) resmi meluncurkan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran). Selain itu, disediakan layanan pengaduan melalui media Whatsapp.
Pelataran merupakan program pelayanan pertanahan yang dibuka pada hari Sabtu dan Minggu. Program ini diusung bagi masyarakat yang tidak dapat mengurus tanahnya pada hari kerja dikarenakan sibuk dengan rutinitasnya.
"Pada prinsipnya ini merupakan tugas kita dalam melayani masyarakat. Kita harus mampu melayani dengan cepat, responsif, dan tidak boleh menunggu. Seperti yang dikatakan Pak Menteri, kalau bisa mudah kenapa harus dipersulit, kalau bisa lebih cepat kenapa harus diperlambat," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati, dalam keterangan pers, Senin (01/08/2022).
Dia menjelaskan, program ini akan mulai diterapkan pada 107 Kantor Pertanahan di seluruh Indonesia, khususnya yang memiliki frekuensi pelayanan pertanahan yang cukup tinggi.
Sementara hotline pengaduan merupakan layanan pengaduan masyarakat yang disampaikan melalui pesan dalam aplikasi Whatsapp. Kedua program tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan pertanahan terbaik.