JAKARTA, iNews.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkomitmen menjadi mitra utama pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan melalui berbagai program pemberdayaan.
“Salah satunya adalah melalui Rumah BUMN, kami tidak hanya memberikan akses pelatihan dan pembinaan, tetapi juga mendukung UMKM dengan teknologi dan akses pasar, sehingga harapannya pengusaha UMKM dapat naik kelas,” ujar Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi dalam keterangannya, Jumat (25/7/2025).
Salah satu bukti nyata dukungan tersebut terhadap brand kuliner berbasis kurma bernama Renaco. Produk UMKM tersebut tergabung dalam binaan Rumah BUMN Jakarta yang dikelola BRI.
Di balik cita rasa legit dan aroma khas olahan kurma dengan merek Renaco, terdapat sosok inspiratif bernama Lilia. Tahun 2022 menjadi titik penting bagi perkembangan Renaco saat bergabung dengan Rumah BUMN Jakarta.
Melalui berbagai pelatihan seperti pembukuan, foto produk, dan marketing digital, dia mulai menjalankan usahanya dengan lebih profesional.
Perjalanan Lilia dalam membangun usaha Renaco tidaklah mudah, namun kegigihan dan kemauannya untuk terus belajar membawanya hingga mampu meraih rata-rata omzet Rp7 juta hingga Rp10 juta per bulan.
Kisah sukses ini dimulai pada tahun 2019, saat Lilia yang gemar membuat camilan sehat untuk keluarga melihat peluang besar dari buah kurma. Menurutnya, kurma sangat populer di bulan Ramadan, tetapi masih jarang ada yang mengolahnya menjadi produk inovatif untuk dikonsumsi sehari-hari.
Dari situlah lahir berbagai produk Renaco seperti kurma cokelat, kue kering isi kurma, hingga minuman sehat berbahan dasar kurma.