Cara memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis kamu supaya cuan
Suparjo Ramalan

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa cara memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis kamu. Dengan memanfaatkan teknologi yang tepat dan dengan cara yang baik, bisnis kamu bisa cuan. 

Saat ini bisnis menggunakan teknologi untuk mengotomatisasi, mengintegrasikan, dan merekayasa ulang sebagian besar operasi operasional. Ini menyebabkan peningkatan skala, proses yang disederhanakan, pengurangan biaya operasional, dan peningkatan waktu produksi. 

Ini artinya teknologi dapat membantu binis berkembang dan menjadi lebih efektif. Nah, berikut ini cara memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis kamu supaya cuan, dikutip dari Lifehack:

1. Simpan Data di Cloud

Penyimpanan data di cloud adalah praktik yang sepenuhnya mengubah cara lama menyimpan data. Sepuluh tahun lalu, perusahaan yang mengelola data dalam jumlah besar harus mentransfer file besar ketika mereka ingin mengirimnya. Demikian juga, bisnis tidak dapat mengelola data tanpa berinvestasi dalam banyak perangkat penyimpanan berkapasitas tinggi.

Namun hari ini semudah meng-hosting data melalui akun penyimpanan online dan mengirim tautan undangan untuk membagikannya kepada rekan-rekan. Memang, implikasi untuk dapat menyimpan data di cloud sangat mengejutkan.

Misalnya, penyimpanan cloud memungkinkan pengguna untuk:

  • mengakses data mereka dari mana saja
  • melakukan pencadangan secara otomatis
  • menyimpan data dalam jumlah tak terbatas
  • berkolaborasi pada satu dokumen secara real time

Jika kamu adalah pemilik bisnis kecil, kamu dapat menggunakan manfaat di atas untuk memberi kamu kecepatan bersaing dengan bisnis yang lebih besar.

2. Media Sosial

Media sosial memungkinkan usaha kecil untuk melakukan beberapa hal yang hampir tidak mungkin dicapai UKM pada 25 tahun yang lalu. Yaitu, memungkinkan kamu untuk mengamati hampir setiap aspek perilaku audiensmu, ini memberi kamu banyak wawasan tentang apa motivasi pelanggan kamu. 

Pada gilirannya, kamu dapat menggunakan pengetahuan ini untuk menjadi penjual yang lebih baik. Selain itu, media sosial memberi kamu platform untuk membangun otoritasmu. Platform jejaring sosial telah membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk melakukan keduanya.

Apa artinya ini bagi kamu sebagai pelaku usaha kecil hingga menengah adalah kamu dapat menggunakan daya tembak pemasaran yang sama banyaknya dengan merek yang lebih mapan dan biaya lebih murah.

3. Produktivity Apps

Meskipun akan menyenangkan untuk memiliki tim manajer proyek yang siap membantumu, kenyataannya adalah akan membutuhkan pengeluaran yang lebih besar untuk melakukannya. Namun kabar baiknya bagi pemilik usaha kecil adalah berkat inovasi digital, kamu tidak perlu ratusan pakar produktivitas untuk tetap produktif. Faktanya, yang kamu butuhkan hanyalah perangkat seluler yang dilengkapi dengan productivity apps yang tepat.

Terlebih lagi, banyak dari productivity apps dapat disinkronkan dengan versi desktop mereka dan sepenuhnya gratis atau menawarkan tingkat layanan gratis. Hal yang menyenangkan tentang menggunakan dan menguasai aplikasi ini adalah melakukannya secara otomatis yang sangat efektif dalam menyelesaikan hal yang benar.

4. Analytical Tools

Ada banyak analytical tools yang dapat kamu gunakan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan bisnismu. Berkat internet, banyak dari alat ini dapat digunakan dalam hitungan detik. Misalnya, kamu dapat mengukur persentase pengunjung situs web kamu yang menelusuri situsmu di browser seluler mereka atau kamu dapat menilai kecepatan pemuatan halamanmu. 

Ketika mengukur indikator kinerja utama perusahaanmu, itu adalah batasnya. Teknologi digital menempatkan semua ini di ujung jarimu.

Jika kamu pernah mendengar pepatah, 'pengetahuan adalah kekuatan', maka pengetahuan terapan bahkan lebih kuat; inilah yang ditawarkan analytical tools untukmu, yaitu kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam waktu yang lebih singkat.

5. Kampanye Pemasaran yang Lebih Baik

Kampanye pemasaran digital memiliki potensi untuk menawarkan penargetan yang sangat spesifik, hasil langsung, lingkungan pengujian yang mudah, dan percakapan dua arah. Lebih penting lagi, mereka cenderung menawarkan pengembalian yang lebih tinggi atas pengeluaran pemasaran daripada beberapa bentuk periklanan tradisional. 

Karakteristik ini membuat pemasaran digital jauh lebih mudah diakses oleh usaha kecil daripada jenis pemasaran lainnya. Salah satu alasan pemasaran online menarik bagi bisnis kecil adalah karena tidak seperti iklan cetak, radio, atau TV, kamu tidak perlu menunggu hingga kampanye selesai untuk meninjau hasil kampanye.

6. Sistem Pembayaran Berbasis Web

Sistem pembayaran berbasis web memudahkan untuk mengirim atau menerima pembayaran. Dan mereka melakukannya sambil menawarkan sejumlah opsi pembayaran. Banyak dari platform ini bahkan menawarkan integrasi tanpa batas ke dalam program akuntansi populer.

Sebagai hasil dari fleksibilitas pembayaran yang baru ditemukan ini, usaha kecil dapat memperoleh akses ke segmen pelanggan yang sama sekali baru. Pada akhirnya, ini berarti lebih banyak klien yang dapat kamu tawarkan produk dan layanan kamu hanya dengan menerima metode pembayaran lain.

Itulah cara memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis kamu supaya cuan. Selamat mencoba! 


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT