Tren bisnis yang akan naik pada 10 tahun ke depan. Foto: Ilustrasi/Pixabay
Rina Anggraeni

JAKARTA, iNews.id - Beragam tren bisnis yang yang akan naik pada 10 tahun ke depan ini bisa menjadi referensi Anda untuk memulai bisnis atau berganti bidang usaha. Tetap up to date dengan tren bisnis terbaru bisa membantu Anda merencanakan masa depan dan menerapkan inovasi baru yang menarik untuk meningkatkan profitabilitas dan kepuasan pelanggan. 

Mengutip Indeed, tren bisnis adalah perkembangan baru yang mempengaruhi lingkungan bisnis. Ini termasuk produk apa yang dapat Anda tawarkan, bagaimana manufaktur dan proses lainnya beroperasi, bagaimana Anda dapat memperoleh pendanaan dan bagaimana Anda dapat terhubung dengan pelanggan. 

Tren mempengaruhi semua industri dan aspek melakukan bisnis. Jika Anda termasuk orang pertama yang mengadopsi teknologi baru dan beradaptasi dengan cara baru dalam berbisnis, ini dapat memberi Anda keunggulan kompetitif yang signifikan. 

Nah, berikut ini tren bisnis yang akan naik pada 10 tahun ke depan, dikutip dari Cyzotech:

1. Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran

Aplikasi kesehatan dan kebugaran memiliki pertumbuhan yang tinggi. Ini seiring meningkatnya kepedulian terhadap kesehatan dan kesejahteraan selama pandemi Covid-19.

Bagi Anda yang berniat untuk menjalankan bisnis di pasar aplikasi, ini adalah tren yang paling menjanjikan, diikuti oleh aplikasi game.

2. Bisnis Sirkular

Ekonomi sirkular adalah konsep bisnis baru yang mengusulkan daur ulang, menghilangkan limbah, dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Ini sebagian besar karena tren konsumsi hijau dan pembangunan berkelanjutan.

Salah satu cabang yang harus disorot adalah penggunaan kembali bahan daur ulang. Jadi, jika Anda memiliki ide yang baik untuk menggunakan limbah dan bahan daur ulang, Anda dapat mengubahnya menjadi startup yang menguntungkan dalam 10 tahun ke depan.

3. Bisnis Logistik

Pandemi Covid-19 telah mendorong tren belanja online, dan industri logistik telah mengikuti tren tersebut. Selama 10 tahun ke depan, tren belanja online akan terus meningkat dan perusahaan logistik akan memanfaatkan gelombang pertumbuhan tersebut. Oleh karena itu, ini adalah peluang bagus untuk berinvestasi di industri ini.

4. Produser Audiovisual

Pasar audiovisual meningkat dari tahun ke tahun dan merupakan bagian dari tren bisnis selama 10 tahun ke depan. Dengan meningkatnya permintaan akan konten audiovisual, perusahaan produksi video dapat menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin bekerja di bidang ini.

Idealnya adalah memiliki pengetahuan di bidang tersebut dan modal yang baik untuk memulai suatu perusahaan. Pasalnya, ini adalah cabang yang sangat teknis dan memerlukan investasi awal yang cukup besar dalam peralatan.

5. Bisnis Pembelajaran Jarak Jauh

Bagi mereka yang akrab dengan bidang pendidikan, pendidikan jarak jauh) adalah tren bisnis utama selama 10 tahun ke depan. Selama pandemi Covid-19, pembelajaran dilakukan jarak jauh. 

Karena itu, ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi dalam bisnis pembelajaran jarak jauh seperti kursus online dan sekolah yang menawarkan modalitas.

6. Produk Ethical

Sejalan dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, produk yang dirancang secara ethical dan ramah lingkungan merupakan tren utama untuk 10 tahun mendatang. Produk-produk ini menonjolkan dimensi sosial, lingkungan, dan ramah hewan, menanggapi ekspektasi publik yang semakin kuat (bahkan eksponensial).

Oleh karena itu, ini akan menjadi pertanyaan untuk merancang produk atau layanan inovatif yang dirancang dengan mempertimbangkan kondisi kerja, organisasi, transportasi, daur ulang, tanpa melupakan kegunaan, dan sambil menyoroti keunggulan pemasaran yang jelas.

Contoh produk berdesain ramah lingkungan dan ethical, yakni ponsel cerdas, modular, produk ethical yang dirancang tahan lama.

7. Data Marketing

Digital tetap menjadi tren bisnis 10 tahun mendatang. Baik itu blockchain (penyimpanan, keamanan dan transmisi), manajemen data atau eksploitasi, peluangnya tidak terbatas.

8. Jasa Pribadi

Populasi yang menua membutuhkan perhatian khusus. Jika sektor medis tetap tidak dapat dihindari, tren difokuskan pada kebutuhan dasar seseorang seperti kehadiran, hubungan, layanan rumah tangga, dan secara umum peningkatan kondisi kehidupan sehari-hari.

Di sisi lain, proyek inovasi sosial, yang bertujuan untuk mendorong semangat kolaboratif sambil mendistribusikan kembali kekayaan dan bertindak untuk kebaikan bersama, sedang meningkat.

9. Pendidikan dan Pelatihan

Tren bisnis terbaru untuk 10 tahun ke depan menyangkut pendidikan orang dewasa dan anak-anak. Barometer sektor pelatihan, pembinaan dan pendidikan swasta menunjukkan permintaan publik yang sangat kuat dan restrukturisasi total sektor tersebut.

Itulah tren bisnis yang akan naik pada 10 tahun ke depan.


Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT