Dari Garasi Kecil, Kopinya Kini Dijual di Ribuan Toko dengan Keuntungan Rp14 Miliar

Suparjo Ramalan
Dari garasi kecil, kopinya kini dijual di ribuan toko dengan keuntungan Rp14 miliar. Foto:

NEW YORK, iNews.id - Pernell Cezar dan Rod Johnson memilih keluar dari pekerjaannya dan meluncurkan merek kopi. Memulai dari garasi kecil, kini keuntungannya nyaris 1 juta dolar AS atau Rp14,4 miliar dan telah menjalin kemitraan dengan Amazon, Target, Ben & Jerry's hingga NBA.  

Cezar dan Johnson meluncurkan BLK & Bold Coffee yang berbasis di Iowa pada 2018 lalu. Mereka menyebutnya sebagai merek kopi milik orang kulit hitam pertama yang didistribusikan secara nasional. Bisnisnya dibangun dengan misi sosial, di mana 5 persen dari keuntungan yang didapat akan diberikan untuk organisasi nirlaba yang fokus pada anak-anak. 

Pada Mei lalu, BLK & Bold menjadi merek makanan dan minuman milik orang hitam pertama yang meneken perjanjian lisensi dengan NBA. Mereka bermitra dalam rasa kopi yang disebut The Warm Up dan pada 20 September, perusahaan bermitra dengan Ben & Jerry's untuk mengembangkan es krim kopi dengan nama Change Is Brewing. Sementara itu, merek kopi dan teh milik dua pemuda 34 tahun ini sudah tersedia di lebih dari 5.600 toko retail di AS.

Sebelum sukses menjalankan bisnis kopinya, Johnson bekerja pada penggalangan dana di Stockton, University of the Pasific yang berbasis di California. Sedangkan Cezar menjabat direktur penjualan retail kecantikan Sundial Brands. Namun, seperti kebanyakan generasi milenial, kedua sahabat itu menginginkan kepuasan pribadi yang lebih dari pekerjaan mereka dan bermimpi untuk meluncurkan bisnis bersama. 

Cezar akan menjadi CEO dan Johnson akan menjadi kepala pemasaran. Dan tidak peduli apa yang dijual, mereka memutuskan perusahaannya akan memberi dampak sosial, dengan memberikan sebagian keuntungan untuk amal.

"Kami ingin memastikan bahwa kami menemukan cara untuk menginvestasikan kembali kepada mereka yang membutuhkan bantuan untuk mengatasi keadaan mereka," kata Johnson, dikutip dari CNBC Make It, Minggu (3/10/2021).

Inspirasi Cezar dan Johnson datang dari kehidupan masa kecil mereka di Gary, Indiana, sebuah kota sekitar 40,2 kilometer (km) tenggara Chicago dengan tingkat kemiskinan dan kejahatan kekerasan yang tinggi, dan reputasi sebagai salah satu yang paling kurang beruntung di AS.

Pada 2020, BLK & Bold mendonasikan 42.000 dolar AS kepada 14 organisasi berbasis komunitas yang memerangi kelaparan pada anak-ank, serta program pendidikan di Des Moines dan inisiatif pengkodean untuk pemuda kulit hitam di Miami.

Salah satu organisasinya, Youth Guidance adalah organisasi nirlaba konseling mahasiswa di Chicago. Direktur Urusan Eksternal Youth Guidance Rebecca Langan mengatakan, BLK & Bold menyumbangkan sekitar 2.500 dolar AS pada tahun lalu.

Sementara itu, bisnis dua pemuda ini dimulai dari sebuah garasi. Johnson sudah tidak asing lagi dengan kopi. Kedua co-founder mengatakan, mereka mengembangkan bisnis dari satu roaster kopi di garasi kecil rumah Cezar menjadi fasilitas komersial seluas 20.000 kaki persegi.

Editor : Jujuk Ernawati
Artikel Terkait
Destinasi
2 hari lalu

Sewa Mobil: Dukungan Optimal untuk Perjalanan Bisnis

Bisnis
20 hari lalu

Kisah Jogi Hendra Atmadja, Lulusan Kedokteran yang Sukses Bangun Mayora 

Motor
28 hari lalu

Punya Harta Rp2,4 Triliun Isi Garasi Erick Thohir Jadi Sorotan, Ada Supra Bapak

Nasional
28 hari lalu

Viral Petugas SPBU Shell Jualan Kopi gegara Stok BBM Kosong

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal