McDonald's di Rusia akan dijual ke Alexander Govor, yang menjalankan operasi waralaba melalui perusahaannya GiD LLC. Govor telah memegang lisensi sejak 2015. (Foto: Reuters)
Aditya Pratama

MOSKOW, iNews.id - McDonald's Corp menjual restorannya di Rusia kepada salah satu pemegang lisensi lokalnya. Setelah penjualan selesai, pembeli akan mengubah nama restoran tersebut sekaligus mengakhiri lebih dari tiga dekade beroperasi di negeri beruang merah.

Dikutip dari Reuters, McDonald's di Rusia akan dijual ke Alexander Govor, yang menjalankan operasi waralaba melalui perusahaannya GiD LLC. Govor telah menjadi pemegang lisensi McDonald's sejak 2015 dan telah membantu restoran tersebut berkembang ke Siberia terpencil, di mana dia mengoperasikan 25 restoran.

McDonald's dan GiD menolak untuk mengungkapkan ketentuan keuangan dari kesepakatan tersebut. McDonald's telah mengatakan akan mengambil biaya nontunai hingga 1,4 miliar dolar AS setelah penjualan.

Manajemen McDonald's menuturkan, Govor akan mempertahankan karyawan setidaknya selama dua tahun dengan persyaratan yang setara. Selain itu, Govor akan membayar gaji karyawan di 45 wilayah Rusia hingga penutupan penjualan yang diharapkan rampung dalam beberapa minggu mendatang.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov mengatakan, kesepakatan itu mengikuti proses negosiasi yang panjang dan sulit, dan pemerintah akan memberikan semua bantuan yang diperlukan kepada Govor untuk mengatur operasi.

Basis data perusahaan Rusia milik kantor berita Interfax, Spark, mencantumkan Govor sebagai pemilik bersama Pusat Distribusi Siberia, perusahaan persewaan, dan Kilang Minyak Anzherskiy. Govor juga memegang 50 persen saham di perusahaan kehutanan kecil dan 25 persen di perusahaan perikanan dan perburuan.

Restoran yang memiliki 84 persen dari 850 restoran di Rusia menjadi salah satu merek global terbesar yang keluar dari Rusia setelah invasi negara itu ke Ukraina. McDonald's menegaskan akan mempertahankan merek dagangnya.

Sebelumnya, sebuah laporan media lokal mengatakan salah satu franchisee McDonald's terbesar di Rusia, SPP, adalah pembeli potensial. Pemiliknya Kairat Boranbayev menjalankan waralaba McDonald's di Kazakhstan dan Belarusia.

Beberapa merek Barat lainnya, termasuk Imperial Brands dan Shell juga telah setuju untuk menjual aset Rusia mereka atau menyerahkannya kepada manajer lokal.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT