JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengincar ekspor rempah dan bumbu masak Indonesia menembus 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp29,520 triliun.
Untuk mencapai target tersebut, Kemenperin bersama kementerian dan lembaga terkait menyelenggarakan program Indonesia Spice Up The World (ISUTW) untuk mempromosikan kuliner Indonesia, serta mengangkat produk rempah dan bumbu masakan merek lokal Indonesia di kancah dunia.
“Kementerian Perindustrian mendukung program ISUTW sebagai salah satu upaya promosi peningkatan pasar rempah dan bumbu masak Indonesia melalui pameran dalam negeri, marketplace lokal dan marketplace global,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, melalui keterangan pers, Selasa (16/8/2022).
Menurut dia, ISUTW merupakan program kolaboratif semua pemangku kepentingan dalam mengangkat popularitas kekayaan rempah dan bumbu masak Indonesia. Program ini dilatarbelakangi oleh meredupnya ketenaran bumbu masakan Indonesia dibandingkan bumbu masakan oriental, Thailand, dan Vietnam.
Padahal, perhatian warga dunia terhadap cita rasa kuliner Indonesia terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya liputan media asing tentang keunggulan keragaman dan kelezatan olahan pangan Indonesia.