JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaprekraf) Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi ajang Brightspot Market 2022. Pada acara tersebut menampilkan produk-produk UMKM dan brand lokal buatan anak bangsa.
Wamenparekraf Angela, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Perindo Bidang Ekonomi Digital & Kreatif itu, saat menghadiri Brightspot Market di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (4/11/2022) menyampaikan, pemerintah akan terus mendorong para pelaku ekonomi kreatif agar bisa naik kelas.
“Kemenparekraf akan terus mendukung dan berusaha meningkatkan kualitas UMKM di Indonesia melalui event-event seperti ini dan juga salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” ujar Angela dalam keterangannya dikutip, Sabtu (5/11/2022).
Lebih dari 99,9 persen total pelaku usaha berasal dari UMKM. Sektor tersebut menyerap 97 persen dari total tenaga kerja nasional dan memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar 57 persen.
“Fenomena ini menjelaskan bahwa UMKM merupakan usaha yang produktif untuk mendukung perekonomian secara makro dan mikro di Indonesia, serta mempengaruhi sektor-sektor yang lain agar turut berkembang. Untuk itu, saya berharap para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia dapat melihat ini sebagai peluang, sehingga dapat turut mengambil peran dalam pengembangan UMKM,” ucap Angela.