Hasil Survei Menunjukkan Shopee Masih Lebih Unggul Dibanding TikTok Shop

Sekar Paring Gusti
Ilustrasi berbelanja online. (Foto: dok Freepik/rawpixel)

Jika melihat transaksi (share of order), Shopee dinyatakan berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 51 persen, diikuti dengan Tokopedia (22 persen), sementara pemain baru TikTok Shop masih kesulitan mengejar dengan angka 11 persen. 

Begitu pula pada indikator nilai transaksi, di mana Shopee menduduki peringkat pertama yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 46 persen. Peringkat kedua disusul oleh Tokopedia (26 persen), lalu TikTok Shop yang mendapatkan 10 persen.

Melalui riset yang sama juga diungkapkan faktor pertimbangan responden saat memilih platform e-commerce untuk berbelanja online selama bulan Ramadan. Gratis ongkir menempati peringkat utama (71 persen), lalu diikuti oleh menyediakan metode pembayaran COD (37 persen), program ramadan yang menarik (36 persen), dan keseruan livestream dengan penjual (16 persen).

Popularitas penawaran dan promo menarik, seperti gratis ongkir masih menjadi daya tarik utama bagi masyarakat saat berbelanja online. Sehingga, faktor ini juga menjadi strategi utama bagi para pemain e-commerce. 

Sebagai pemain baru, TikTok Shop disebutkan sering menghadirkan promosi menarik. Akan tetapi, berdasarkan survei yang dilakukan pada awal 2023 dapat dilihat bahwa Shopee masih menduduki posisi pertama sebagai e-commerce yang menawarkan promo gratis ongkir terbaik (62 persen), lalu Tokopedia (20 persen), selanjutnya TikTok Shop sebagai pemain baru mendapatkan 9 persen suara responden.

Inovasi fitur untuk membuka peluang lebih besar, yaitu affiliate (afiliasi) juga ternyata banyak digandrungi menjelang Ramadan. Berbagai program seperti Shopee Affiliate Program, Lazada Affiliate Program, Tokopedia Affiliate Program, dan TikTok Shop Affiliate kini telah hadir, sehingga masyarakat dapat memilih platform mana yang dinilai paling menguntungkan. 

Dari hasil riset Snapcart, ditemukan lebih dari setengah responden memilih Shopee Affiliate (61 persen) sebagai program afiliasi e-commerce terbaik. Posisi ini jauh di atas Tokopedia Affiliate (20 persen), pada aspek ini TikTok Affiliate mendapatkan angka 13 persen. Unggulnya Shopee Affiliate Program dibandingkan dengan program serupa dari platform kompetitornya mungkin juga dipengaruhi oleh pilihan produk lebih lengkap, serta jangkauan pasar lebih luas yang sudah terlebih dulu dimiliki oleh Shopee.

Terus Mendominasi, Masyarakat Masih Memilih Shopee untuk Live Shopping ketimbang TikTok

Saat ini, cara belanja yang sedang menjadi tren di tengah masyarakat adalah live shopping karena menghadirkan interaksi real time antara pembeli dan penjual, sehingga proses berbelanja pun lebih menyenangkan. 

Keunggulan yang dicari saat live shopping bukan hanya keunikan konten-konten yang dihadirkan, melainkan keseluruhan pengalaman belanja yang terintegrasi. Sehingga, fitur live streaming dari para pemain lama e-commerce di Indonesia menawarkan fitur yang tidak hanya interaktif, tetapi juga unggul pada keseluruhan aspek yang dicari.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Nasional
15 jam lalu

PT SRM Bantah Isu Penyerangan TNI, Sebut TKA Justru Jadi Korban

Bisnis
21 jam lalu

Menteri Ekraf Sebut Pacu Ekspor dan Serap 27,4 Juta Pekerja Sepanjang 2025

Bisnis
1 hari lalu

Relawan Mandiri dan BUMN Komitmen Hadir Bantu Tanggap Bencana Sumatra

Bisnis
3 hari lalu

Relawan BNI Terjun Langsung Dukung Pemulihan Warga Terdampak Bencana di Aceh

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal