Impor KRL Bekas Ditolak, Dirut KAI Beberkan Dampaknya

Iqbal Dwi Purnama
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo menyebut dampak larangan impor KRL bekas oleh pemerintah berdampak pada dua hal. (Foto: Iqbal Dwi Purnama/MPI)

Didiek menambahkan, pihaknya akan tetap mengikuti keputusan pemerintah yang melarang importasi kereta bekas dari Jepang tersebut. Sehingga untuk menutupi kebutuhan yang terus terjadi, pihaknya bakal melakukan retrofit atau peremajaan kereta lama sambil menunggu kereta produksi INKA rampung.

Dia menyebut, saat ini pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tengah menghitung ulang terkait besaran PSO yang akan diberikan untuk PT KCI. Sebab, ketika subdisi tarif tidak dinaikkan, maka konsekuensinya selanjutnya tarif kepada masyarakat yang akan dinaiklan.

"KCI akan mengikuti arah pemerintah. Karena pemerintah tidak akan mengimpor kereta bukan baru. Masih kita kaji semuanya nanti akan sampaikan ke pemerintah lagi. Langkah-langkah apa yang akan kita lakukan," ucapnya.

Editor : Aditya Pratama
Artikel Terkait
Nasional
30 hari lalu

Ini Respons Rosan soal Peluang Kereta Cepat Whoosh Disubsidi Pemerintah

Nasional
2 bulan lalu

Tol Bogor-Serpong via Parung Mulai Dibangun Oktober 2026, Nilai Investasi Rp12,3 Triliun

Nasional
3 bulan lalu

Stasiun Rangkasbitung Layani Kereta Khusus Petani dan Pedagang, Begini Persiapannya

Nasional
4 bulan lalu

Bobby Rasyidin Ditunjuk Jadi Dirut KAI Gantikan Didiek Hartantyo

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal