Presiden Jokowi meneken Perpres Nomor 64/2022, salalah satunya terkait sistem jaringan transportasi, yaitu jalan tol di sekitar IKN Nusantara. (Foto: Antara/Irwansyah Putra/hp)
Ikhsan Permana SP

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042. Pada salah satu pasalnya terdapat aturan terkait sistem jaringan transportasi.

Jaringan jalan yang akan dibangun salah satunya jalan tol. Selain jalan tol, terdapat beberapa sistem jaringan jalan yang juga akan dibangun, diantaranya jalan umum, jalan khusus, terminal penumpang, terminal barang, jembatan timbang dan juga jembatan.

Dikutip dari Perpres 64 tahun 2022 Pasal 36, ada sekitar empat jalan tol yang direncanakan dibangun di sekitar IKN, di antaranya adalah:

- Jalan Tol Balikpapan Samarinda KM I l-Junction Pulau Balang;
- Jalan Tol Bandar Udara Sepinggan-Jalan Tol Balikpapan Samarinda;
- Jalan Tol Bandar Udara VVlP-Outer Ringroad KIPP; dan
- Jalan Tol Junction Pulau Balang-KIPP IKN.

Jalan tol ini dibuat salah satunya untuk memudahkan akses menuju bandara internasional yang juga akan dibangun. Menurut Pasal 20 dalam Perpres tersebut, waktu tempuh menuju bandara internasional diproyeksikan kurang dari 50 menit perjalanan.

Sementara itu, ketentuan umum zonasi di sekitar jalan tol meliputi kegiatan di kawasan sekitar jalan tol yakni pembangunan sarana dan prasarana umum pendukung seperti rest area, ruang terbuka, serta jaringan utilitas.

Dalam beleid itu juga termuat rencana untuk pembangunan jaringan jalur kereta api dalam rangka mengembangkan interkoneksi dengan sistem jaringan jalur wilayah nasional. Ada dua sistem jaringan jalur kereta yang dibangun yaitu jaringan jalur kereta api antarkota dan jaringan jalur kereta api perkotaan. 


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT