Boba menjadi salah satu minuman terpopuler di Indonesia. Berikut 5 kisah pendiri minuman boba yang mereknya terkenal di Tanah Air. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Ikhsan Permana SP

JAKARTA, iNews.id - Perkembangan dunia makanan dan minuman mampu menghasilkan produk-produk baru yang menjadi pilihan masyarakat, salah satunya adalah minuman boba. Minuman yang pertama kali dipopulerkan di Taiwan ini juga menjadi tren minuman di Indonesia. 

Semakin hari semakin banyak gerai-gerai penjual minuman boba dengan berbagai merek dagang. Selain itu, berbagai varian juga terus dimunculkan sebagai bentuk inovasi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 kisah pendiri minuman boba yang populer di Indonesia: 

1. Chatime

Feronia Wibowo merupakan pemilik brand minuman Chatime. Feronia adalah generasi ketiga keluarga Grup Kawan Lama dan menjabat sebagai Direktur Operasional PT Food Beverages Indonesia. Feronia mengambil bidang Fashion Marketing Management dan lulusan dari The Art Institute of Hollywood California, Amerika Serikat. 

Chatime mulai memasuki pasar Indonesia pada tahun 2011, Chatime sudah tidak asing lagi bagi penikmat minuman manis. Chatime sudah hadir pada beberapa negara seperti Vietnam, Malaysia, China, Amerika Serikat, dan Kanada. 

Pemasaran strategi yang ditawarkan Chatime rutin digelar melalui media sosial, seperti memberi diskon untuk para penikmatnya. 

2.  KOI

Merek ini ternyata singkatan dari Kids of Ike (KOI), Ike Malada adalah ibunda dari tiga bersaudara yaitu Ronald Poernomo, Arnold Poernomo, dan Reynold Poernomo, bisnis ini ternyata dijalankan oleh ketiga kakak beradik ini. Tahun 2012 adalah awal mula bisnis ini berjalan dan dijalankan oleh sang ibunda di garasi kecil rumah mereka, lalu usaha ini dirintis secara serius oleh ketiga anaknya pada 2015.

Siapa sih yang tak kenal Chef Arnold Poernomo, salah satu juri di acara Master Chef Indonesia. Sedangkan adiknya Reynold Poernomo ternyata pernah menjadi kontestan di Master Chef Australia dan mendapatkan julukan The King of Dessert.

Salah satu minuman favorit di sini yaitu Golden Bubble Milk Tea. Keunikannya terletak pada warna bubble atau boba yang berwarna kuning keemasan. Signature Macchiato juga menjadi salah satu menu andalan karena menu ini diberi lapisan busa susu di bagian atas minumannya.

3. Kokumi

Jacqueline Karina merupakan orang pertama yang menjalankan minuman hits Kokumi yang dibuka sejak Maret 2018. Jacqueline merupakan lulusan Food Science dan Technology di Universitas Pelita Harapan. 

Awal merintis, Jaqueline ingin berbagi kebahagiaan dengan warna-warni yang ada pada gelasnya, menggambarkan hati yang ceria bagi setiap peminumnya dalam kepenatan hidup. 

Jacquline membagikan kenikmatan minumannya agar membangkitkan semangat hidup bagi para Milenial sekarang. Nama Kokumi memiliki arti makna sendiri yaitu the seven sense of the tongue atau dengan kata lain cita rasa yang dapat dinikmati pada sampai titik ke tujuh.

Dia memulai bisnisnya dengan modal yang tidak sedikit yakni Rp1,8 miliar, sedangkan omzet yang didapat bisa mencapai Rp1 miliar lebih setiap bulannya. Pemasaran yang digunakan Jacqueline merupakan kunci strategi untuk memperkenalkan minumannya kepada masyarakat luas. 

4. Xing Fu Tang

Berawal dari jalan-jalan ke Taiwan, Vancelia Wiradjaja tertarik dengan cita rasa minuman brown sugar milk milik Xing Fu Tang. Alasan yang membuat Vancelia yakin untuk membawa atau franchise Xing Fu Tang Indonesia ini karena dia melihat reaksi orang-orang yang selalu tersenyum saat menikmati minuman ini. Hal ini juga sejalan dengan nama Xing Fu Tang yang berarti “happy place”.

Cara Vancellia menarik konsumen pun juga menarik yaitu dengan cara berbagi merchandise kepada para pelanggan. Vancellia juga sangat mementingkan kualitas produk yang disajikan kepada pelanggannya. Dia menggunakan susu kualitas terbaik di Indonesia dan bahkan bobanya dibuat sendiri sehingga masih benar-benar fresh.

5. Hei Hei Boba Bar 

Pebisnis bernama Randy membuka gerai minuman boba Hei Hei Boba Bar. Keuntungan yang di dapat Randy bisa mencapai 800 juta perbulan jika dikalikan setahun bisa mencapai 9,6 miliar pertahunnya dan bisnis boba ini baru di buka 2 tahun.

Arti dari nama Hei Hei, Randy terinspirasi dari kucing mandarin yang berarti memanggil, arti dari nama merek dagangnya ini agar bisnisnya akan ramai pengunjung yang berdatangan. Randy berbagi kunci sukses dalam berbisnis yaitu pertama konsisten, kedua adaptasi dan melakukan inovasi bagi setiap perkembangan bisnis, dengan segalan tren yang berkembang merupakan kunci dari segala perkembangan bisnis.



Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT