Intip bisnis Kaesang Pengarep yang menggurita (ilustrasi: iNews.id/Komaruddin Bagja A)
Inas Rifqia Lainufar

JAKARTA, iNews.id - Intip bisnis kuliner Kaesang yang sudah menggurita. Putra bungsu presiden Jokowi ini memang dikenal sebagai pebisnis yang ulung.

Ia mulai berbisnis sejak menempuh studi di Singapore University of Social Sciences. Kecintaannya terhadap bisnis semakin berkembang hingga membuatnya merambah ke berbagai bidang, seperti kuliner, fesyen, peternakan, hingga IT bootcamp.

Untuk lebih jelasnya, intip bisnis Kaesang berikut ini, yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber.

Intip bisnis Kaesang Pengarep yang menggurita

1.Sang Pisang

Sang Pisang adalah brand untuk produk pisang nugget milik Kaesang yang didirikan sejak tahun 2017. Kini, Sang Pisang telah tersebar ke berbagai kota di Indonesia dan telah memiliki 73 outlet dan 1.500 karyawan.

Di tahun 2019, Sang Pisang mulai melebarkan sayapnya ke luar negeri dengan membuka outlet di Kuala Lumpur, Malaysia.

2.Sang Javas

Di bidang fesyen, Kaesang memiliki brand bernama Sang Javas dengan menjual kaos bergambar di bagian depan. Gambar tersebut berupa komik dan ilustrasi bertema kontemporer yang terinspirasi dari perilaku warganet Indonesia.
Kaesang bahkan berhasil menjual 2.000 potong kaos di penjualan awal.

3.Yang Ayam

Yang Ayam menjual nasi ayam goreng tepung dalam berbagai varian dan bumbu-bumbu khas Indonesia. Dirilis pada tahun 2019, bisnis kuliner Kaesang ini pertama kali dibuka di gerai di kawasan Tanjung Duren, Jakarta.

Kini, Yang Ayam sudah memiliki 7 cabang yang tersebar di Jakarta dan Solo.

4.Siap Mas

Siap Mas memiliki produk makanan dan minuman ringan dengan merek ‘Kemripik’ dan ‘Ngedrink’. Bisnis yang dikelola bersama Gibran Rakabuming Raka ini bisa ditemukan di supermarket di berbagai daerah di Indonesia.

Tak hanya rasa yang enak, kemasan dengan gambar karikatur wajahnya di setiap kemasan produk menambah keunggulan produk-produk Siap Mas.

5.Hompimpa Games

Di bidang entertainment, Kaesang memiliki Hompimpa Games yang menjual berbagai macam produk board game. Selain board game, Hompimpa Games juga menjual produk-produk permianan tradisional.

6.Madhang 

Madhang merupakan aplikasi yang menjadi media antara penjual makanan rumahan dengan pembeli. Kaesang mendirikan Madhang agar ibu rumah tangga yang memiliki keahlian memasak dapat menyalurkan bakatnya tersebut untuk menjadi sebuah penghasilan.

7.Let’s Toast

Let’s Toast diluncurkan untuk menyajikan masakan-masakan western.
Produk dari Let’s Toast ini diantaranya adalah egg sandwich, french toast, dan lain sebagainya.
Saat ini, Let’s Toast sudah memiliki 6 cabang yang tersebar di Jakarta.

8.Mangkok Ku

Bekerjasama dengan Randy Kartadinata, Chef Arnold Poernomo, dan Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep meluncurkan Mangkok Ku pada tahun 2019.
Mangkok Ku merupakan bisnis restoran yang menjual aneka rice bowl.
Outlet pertama Mangkok Ku didirikan di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat.

9.Ternakopi

Melihat peminat kopi kekinian begitu meningkat di Indonesia, Kaesang memanfaatkannya dengan meluncurkan Ternakopi. Ternakopi menjual aneka minuman olahan kopi kekinian yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp10 ribu.


10.Goola

Goola awalnya merupakan brand minuman olahan milik Gibran Rakabuming Raka, tetapi ia akhirnya menyerahkannya kepada sang adik, Kaesang. Produk yang dijual Goola adalah minuman tradisional Indonesia, seperti es doger dengan kemasan yang kekinian.

11.Markobar 

Sama dengan Goola, Markobar juga awalnya merupakan milik Gibran Rakabuming Raka yang diserahkan kepada Kaesang.
Markobar menjual aneka martabak manis dengan berbagai pilihan topping.

12.Chili Pari

Chili Pari awalnya adalah milik Gibran Rakabuming Raka yang diberikan kepada sang adik karena mencalonkan diri sebagai walikota Solo. Chili Pari merupakan bisnis katering yang menyediakan berbagai jenis masakan.
Bisnis ini sudah didirikan oleh Gibran Rakabuming Raka sejak tahun 2010.

13.Enigma Bootcamp

Selain bisnis kuliner, Kesang juga mendirikan bisnis dalam bidang penyedia pelatihan pemrograman. Enigma Bootcamp ini didirikan untuk memberikan pelatihan seputar IT dan pemrograman dengan biaya yang terjangkau.

14.Kerjaholic 

Tak hanya Madhang, Kaesang juga mendirikan aplikasi Kerjaholic yang sangat berguna bagi pencari kerja. Namun sayangnya, Kerjaholic hanya memfasilitasi pencari kerja yang ada di Solo, Yogyakarta, dan Semarang.

15.Ternak Ikan Lele

Intip bisnis Kaesang lainnya yang bergerak di bidang peternakan yang didirikan sejak tahun 2019. Selain menjual makanan dan minuman olahan, Kesang juga menjadi pemasok ikan lele di pasar tradisional di Indonesia. Selain 15 bisnis tersebut, Kaesang juga bermain di pasar modal dengan melakukan investasi saham.

Tak hanya itu, ia juga telah mengakuisisi klub sepak bola Liga 1, Persis Solo.


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT