Jadi Top of Mind Live Streaming, Shopee Live Pilihan Utama Brand Lokal dan UMKM

Anindita Trinoviana
Ilustrasi live streaming. (Foto: dok Freepik/tirachardz)

JAKARTA, iNews.id - Tren belanja terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Seperti saat ini, berbelanja melalui live streaming masih menjadi daya tarik utama. Bahkan, hingga di pertengahan 2024 semakin diminati oleh masyarakat. 

Kemampuan live streaming dalam menjangkau berbagai konsumen membuat para pemain e-commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba hadirkan fitur live streaming dan memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen. Terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis para brand lokal dan UMKM

Survei IPSOS yang berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” pada 2023, memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal III-2023. Survei ini melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel.

Survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan. Berdasarkan survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut. Adapun indikatornya, antara lain adalah:

- Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind - TOM) dengan persentase 77 persen, melampaui Tiktok Live (19 persen).

- Sedangkan dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often - BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72 persen, kemudian diikuti TikTok Live (26 persen).

(Foto: dok Istimewa)

- Selanjutnya dalam Market Share, Shopee Live (82 persen) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, melampaui TikTok Live yang berada di angka 18 persen. 

Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma mengatakan, jika akhir 2023 lalu, pihaknya melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. 

“Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru. Jika kita menilik kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar. Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya,” katanya. 

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Destinasi
1 hari lalu

Menyusuri Keindahan Singapore Oceanarium, Wisata Edukatif untuk Liburan Keluarga

Bisnis
1 hari lalu

32 Hotel dalam Jaringan Archipelago Dukung Produk UMKM Lokal

All Sport
22 jam lalu

Link Live Streaming Timnas Futsal Indonesia vs Belanda di Four Nations Cup 2025: Jadwal dan Prediksi!

Keuangan
2 hari lalu

Program Pemberdayaan BRI Antar UMKM Jahit Rumahan Raih Omzet Miliaran Rupiah hingga Jangkau Pasar Eropa

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal