Jadi Top of Mind Live Streaming, Shopee Live Pilihan Utama Brand Lokal dan UMKM

Anindita Trinoviana
Ilustrasi live streaming. (Foto: dok Freepik/tirachardz)

Tren live streaming yang terus menunjukkan pengaruh dan perkembangan yang signifikan, membawa perubahan terhadap lanskap persaingan, baik dalam bisnis penjualan ataupun industri e-commerce itu sendiri. Sebagai salah satu perusahaan riset pasar terkemuka di dunia, IPSOS melihat fenomena ini menjadi hal yang menarik untuk dibahas. 

Melihat situasi di lapangan, IPSOS akan mengulik lebih dalam bagaimana tren live streaming pada 2024 dengan adanya kompleksitas isu serta perubahan regulasi yang sedang hangat dibicarakan. 

Lantas, dari para pemain yang ada saat ini, siapa e-commerce yang fitur live streaming-nya menjadi pilihan favorit penjual dalam memberikan omzet terbaik dan meningkatkan interaksi dengan calon konsumen? 

Aspek Penting yang Latar Belakangi Pilihan Live Streaming Para Penjual

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif yang unggul, menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM berdasarkan survei IPSOS di akhir 2023 lalu. 

Lantas, aspek-aspek apa sajakah yang dicari dan mempengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e- commerce? Berikut persebaran preferensinya.

- Layanan yang memuaskan bagi penjual dan pembeli

(Foto: dok Istimewa)

Live streaming menjadi tren dalam belanja yang kian populer dalam industri e-commerce selama beberapa tahun terakhir. Salah satu keunggulan utama live streaming terletak pada kemampuannya untuk menyajikan interaksi langsung antara penjual dan konsumen. 

Melalui live streaming, brand lokal dan UMKM dapat berkomunikasi secara real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi langsung kepada konsumen. Fitur dan layanan ini mampu menciptakan pengalaman belanja yang lebih dari sekadar kegiatan jual-beli dan menghadirkan kedekatan antara penjual dengan konsumen.

Menurut data survei IPSOS di akhir 2023, Shopee Live menunjukkan keunggulan yang signifikan dalam menyediakan layanan terbaik bagi brand lokal dan UMKM dengan persentase 67 persen, sementara TikTok Live (25 persen), Lazada Live (5 persen), dan Tokopedia Play (3 persen). 

Hal ini sejalan dengan hasil temuan survei IPSOS di mana Shopee Live (63 persen) dianggap oleh brand lokal dan UMKM sebagai live streaming dengan fitur interaktif terbaik, diikuti oleh TikTok Live (25 persen), Lazada Live (7 persen), dan Tokopedia Play (6 persen). 

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Bisnis
12 hari lalu

Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau SPBU Sepaku, Pastikan Kualitas BBM Terjaga

Belanja
22 jam lalu

Digitalisasi Operasional Bantu E-Commerce Tumbuh Lebih Tangguh, Ini Alasannya! 

Bisnis
22 jam lalu

Bank Mandiri Gandeng IKA UII Terbitkan Kartu Debit Co-Brand, Perkuat Inklusi Keuangan

Nasional
1 hari lalu

Sandiaga Uno Tingkatkan Omzet Usaha hingga Rp33 Juta dalam 2 Hari, Begini Caranya

Nasional
2 hari lalu

Program Desa Emas Bikin UMKM Lebih Percaya Diri dan Berkembang

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal