"Jika berbeda kode booking, maka biaya tiket yang dikembalikan maksimal hanya untuk 2 orang sebagai pendamping," ucapnya.
Khusus di Daop 1 Jakarta, kata Eva, pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang KA Jarak Jauh berada di area pintu cek boarding pass Stasiun Gambir dan Stasiun Senen.
PT KAI juga menyediakan hand sanitizer di area meja boarding pass serta menyiagakan petugas kebersihan baik di stasiun maupun selama perjalanan.
"Tim medis yang bertugas di pos kesehatan stasiun juga telah siap membantu proses rujukan ke sejumlah rumah sakit jika dibutuhkan," kata dia.
Eva mengimbau penumpang untuk menggunakan masker jika sedang sakit. Penumpang KA juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan tiap area stasiun.
Selain itu, PT KAI, juga turut memperhatikan kebersihan di sarana dan prasarana stasiun. Di antaranya penyemprotan disinfektan menggunakan biosanitizer ke kursi, pagar, perangkat fasilitas penumpang, hingga tiap sudut stasiun.
"KAI melakukan pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin setiap sebelum perjalanan dengan menggunakan bahan kimia untuk sterilisasi. Bantal yang disediakan di kereta pun selalu dalam kondisi baru tercuci bersih setiap pergantian penumpang," kata Eva.