JAKARTA, iNews.id - PT KAI telah melayani sebanyak 4,39 juta pelanggan selama angkutan Lebaran tahun ini. Jumlah tersebut termasuk penumpang Kereta Api Jarak Jauh dan kereta lokal.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, banyaknya pelanggan KAI selama 22 hari masa angkutan Lebaran tahun ini merupakan capaian yang luar biasa. Pasalnya sejak H-10 hingga H+10 atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022, KAI melayani 2.557.130 pelanggan. Namun jika ditotal dengan perjalanan KA Lokal sebanyak 1.830.904 pelanggan, maka pada Angkutan Lebaran 2022, KAI melayani total 4,39 juta pelanggan.
“Banyaknya pelanggan pada angkutan Lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019, sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2022,” kata dia dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022).
Jumlah total penumpang mencapai 139 persen dibandingkan dengan target sebanyak 3,15 juta pelanggan. Jumlah tersebut juga mencapai 64 persen dibandingkan dengan total pelanggan pada angkutan Lebaran sebelum pandemi, yaitu sebanyak 6,84 juta pelanggan pada 2019.
Adapun sebanyak 840 pelanggan ditolak keberangkatannya karena belum divaksin, sakit, reaktif, serta tidak melengkapi persyaratan.