Kekuatan Leaderful Organizations: Mengubah Perusahaan FMCG di Asia Timur dalam Mendominasi Pasar

Anindita Trinoviana
Ilustrasi. (Foto: dok midjourney/aldinabahri)

5. Pengambilan keputusan berbasis data

Memanfaatkan data dan analitik untuk menginformasikan pengambilan keputusan, sehingga mempromosikan strategi yang objektif dan berbasis bukti.

6. Agile frameworks

Menerapkan kerangka kerja agile untuk pengembangan dan eksekusi strategi, adjustment dan respons yang lebih cepat terhadap perubahan pasar.

7. Budaya inovasi

Menumbuhkan budaya inovasi dengan mendorong eksperimentasi, belajar dari kegagalan, dan merayakan ide-ide inovatif.

Beberapa perusahaan Asia Timur telah berhasil menerapkan model leaderful organizations dan menuai hasil dari peningkatan keunggulan dan kesuksesan pasar:

1. Haier Group (Cina)

Haier, perusahaan elektronik konsumen dan peralatan rumah tangga multinasional, mengadopsi pendekatan leaderful organizations yang disebut "RedanheyiModel." Ini mengacu pada filosofi manajemen dan model organisasi yang dikembangkan oleh Zhang Ruimin, CEO Grup. Syarat "Redanheyi" diterjemahkan menjadi "karyawan, pelanggan, dan komunitas dalam satu tubuh".

Model ini mendorong karyawan untuk membentuk tim yang dikelola sendiri dan mengambil inisiatif kewirausahaan, mendorong pertumbuhan perusahaan yang pesat dan dominasi pasar.

2. Toyota Motor Corporation (Jepang)

Toyota dikenal dengan "Kaizen" budaya, di mana karyawan di semua tingkatan diberdayakan untuk menyarankan peningkatan dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Budaya peningkatan berkelanjutan ini memainkan peran penting dalam kesuksesan Toyota sebagai pemimpin otomotif global.

3. Samsung (Korea Selatan)

Samsung memupuk budaya inovasi dan kolaborasi, mendorong karyawan untuk berbagi ide dan memiliki proyek. Pendekatan ini telah memungkinkan Samsung untuk tetap berada di garis depan teknologi dan mendapatkan keunggulan yang kompetitif.

Selain itu, leaderful organizations menawarkan keuntungan yang lekat dalam mengatasi tantangan organisasi adaptif yang kompleks, seperti:

1. Kemampuan beradaptasi: leaderful organizations lebih siap untuk beradaptasi dengan perubahan di pasar, perilaku konsumen, dan teknologi. Dengan pengambilan keputusan terdistribusi, perusahaan dapat merespons dengan cepat tren dan peluang yang muncul.

2. Inovasi: Dengan memberdayakan karyawan untuk berpikir kreatif dan merasa memiliki pekerjaan mereka, leaderful organizations mendorong budaya inovatif yang mengarah pada terobosan produk dan strategi.

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Bisnis
10 jam lalu

Bank Mandiri Semarakkan Aksi Berkelanjutan Looping for Life di Livin’ Fest 2025

Bisnis
2 hari lalu

Spotify Dukung Proposal Indonesia Soal Pengelolaan Royalti Global

Bisnis
2 hari lalu

DJKI Soroti Pendaftaran Merek Tanpa Itikad Baik oleh Importir Produk Elektronik

Nasional
2 hari lalu

Satu Tahun Perjalanan Kemendikdasmen, Hadirkan Pendidikan Bermutu untuk Semua

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal