JAKARTA, iNews.id - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) berhasil mencatat kinerja positif pada 2021. Perseroan membukukan pangsa pemirsa tertinggi di industri pada slot prime time dan non-prime time. Dominasi pangsa pasar ini didukung berbagai produksi in-house di sejumlah kategori konten.
Hingga April 2021, MNCN berhasil membukukan pangsa pemirsa sebesar 52,4 persen di prime time atau naik dari periode yang sama tahun lalu 34,2 persen. Sedangkan non-prime time mencatat pangsa pasar 40,4 persen dari 34,6 persen pada periode yang sama 2020.
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengaku senang untuk terus dapat memperkuat kinerja operasional tiga bisnis utama perseroan tahun ini.
"Dengan bangga, statistik menunjukkan bahwa kami telah memperkuat posisi terdepan di TV FTA, kinerja konten/program, media sosial, portal berita, dan yang terakhir super-app kami, RCTI+. Selain itu, permintaan iklan di semua lini media kami sangat luar biasa, walaupun adanya pengaruh yang disebabkan oleh pandemi Covid-19," kata Hary dalam keterangannya, Rabu (5/5/2021)
Menurutnya, MNCN akan mempertahankan kinerja yang luar biasa tersebut untuk mencapai kinerja yang makin positif di tahun ini.
"Ini merupakan tugas kami di MNCN untuk mempertahankan kinerja yang luar biasa ini dan saya sangat bersemangat untuk dapat melihat hasil kinerja yang positif bagi Perseroan di tahun 2021,” tandasnya.
Adapun drama unggulan MNCN yang menyumbang pangsa pasar secara signifikan adalah Ikatan Cinta. Serial drama peringkat 1 di Indonesia ini melanjutkan kinerja luar biasanya dengan terus menempati puncak program terbaik di televisi dengan rata-rata rating 11,4 persen dan pangsa pemirsa sebesar 41,5 persen selama 194 hari pada 30 April 2021, sejak ditayangkan perdana pada 19 Oktober 2020.
Serial drama peringkat 1 di Indonesia ini juga telah menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dan masuk ke dalam buku rekor sebagai serial drama pertama di sejarah FTA TV yang dapat meraih lebih dari 40 persen pangsa pemirsa untuk 100 hari berturut-turut, dan masih secara konsisten menghasilkan lebih dari 40 persen pangsa pemirsa hingga 24 April 2021.