Lei Jun dikenal sebagai pemilik Xiaomi. Sebelum mendirikan perusahaan, dia dikenal pernah bekerja di suatu perusahaan. (Foto: Reuters)
Viola Triamanda

JAKARTA, iNews.id - Lei Jun dikenal sebagai pemilik Xiaomi, salah satu produsen ponsel pintar terkenal di dunia. Berdasarkan catatan Forbes, Lei Jun memiliki harta kekayaan sebesar 10,2 miliar dolar AS atau setara Rp147,54 triliun.

Sebelum mendirikan perusahaan, dia dikenal pernah bekerja di suatu perusahaan. Lei Jun lulus sarjana ilmu komputer dari Universitas Wuhan pada 1991. Dia dikenal sebagai pribadi yang pendiam, namun totalitas dengan apapun yang dia tekuni. 

Setelah lulus, dia bekerja di sebuah perusahaan software Kingsoft sebagai engineer. Kepintarannya membuat dia berhasil menjadi CEO Kingsoft pada 1998. Namun karena alasan kesehatan, dia mundur dari jabatannya pada akhir tahun 2007. 

Tiga tahun kemudian, Lei Jun mendirikan Xiaomi Inc. Untuk mengembangkan perusahaannya, dia berkolaborasi dengan mantan Wakil Presiden Google China, Lin Bin.

Dalam perkembangannya, Xiaomi konsisten untuk menghadirkan barang yang murah namun berkualitas tinggi. 

Hal ini bahkan mengundang perdebatan karena Xiaomi dinilai sebagai perusak harga pasar mengingat harganya yang murah, namun memiliki spesifikasi tinggi. 

Hal ini yang akhirnya membawa Xiaomi menjadi produk yang sangat digandrungi oleh masyarakat dunia termasuk Indonesia. Tak hanya ponsel pintar, Xiaomi juga memproduksi laptop, rice cooker, gelang, hingga vacuum cleaner.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT