Lambungkan Image Teh Indonesia, BRI Dukung UMKM Sila Tea di Pasar Tong Tong Belanda

Anindita Trinoviana
BRI terus dorong UMKM untuk perluas pasar hingga ke luar negeri, salah satunya Sila Tea House brand yang lambungkan teh asli Indonesia. (Foto: dok BRI)

Oleh karena itu, teh yang di-blending disebut artisan tea. Artisan dalam hal ini adalah sebuah karya yang dibuat dengan pemahaman tinggi dan memiliki nilai seni, sehingga menghadirkan suatu kualitas yang tinggi dan dapat dibanggakan serta berbasis sains.

Untuk pasar, pihaknya fokus di dalam negeri dengan memasarkan secara business to business ke kafe-kafe. Kendati demikian, Sila sudah diekspor ke Turki, Amerika Serikat, Kanada, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Australia. 

Adapun dalam pengembangan usaha, Redha menyebut pihaknya sempat mendapatkan insentif permodalan dari pemerintah serta dari BRI. “Kami ini perusahan inovasi dan edukasi. Kami berharap bisa memberdayakan tea preneur baru untuk membuka tea bar. Tea bar ini yang disukai biasanya sama anak muda. Mini saja tapi fancy. Saya ingin dengan BRI itu bisa menggandeng barengan untuk pemberdayaan itu dan multiply tea preneur baru-baru ini,” katanya.

Redha pun mengaku, pada 2022 atau di tahun keempat bisnisnya, Sila menunjukkan kemajuan yang sangat cepat. Sebab, di kala pandemi development Sila cukup masif. Untuk itu, langkah strategis ke depan dalam pengembangan Sila, pihaknya sedang meningkatkan kapasitas produksi.

Sila juga membangun tim penjualan yang kuat untuk mencari sebanyak-banyaknya distributor dan reseller. Saat ini, Sila diperkuat dengan empat distributor yang berada di Medan, Manado, Serpong, dan Palangkaraya.

Adapun untuk harga jual, saat ini harga termurah dibanderol Rp12 ribu per tea bag hingga Rp225 ribu dengan kemasan kaleng yang berisi 15 tea bag. Saat ini, Sila telah mampu memberdayakan 15 kebun teh milik petani rakyat yang dapat menyerap hingga sekitar 300 orang pemetik teh.

Oleh karena itu, dengan unsur sociopreneur dan semangat sustainability yang menghasilkan teh berkualitas tinggi, maka tak salah jika BRI memberangkatkan Sila ke Belanda untuk menghangatkan Festival Tong Tong di sana. Dengan demikian, ke depan diharapkan Sila akan semakin mampu melambungkan nikmat dan harumnya teh premium asli nusantara.

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Internet
1 hari lalu

Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Raih Perhatian Publik Lewat 85 Juta Views

Bisnis
2 hari lalu

Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Jadi Wadah Edukasi Bisnis untuk UMKM Indonesia

Nasional
3 hari lalu

Sandiaga Uno Tingkatkan Omzet Usaha hingga Rp33 Juta dalam 2 Hari, Begini Caranya

Nasional
5 hari lalu

Program Desa Emas Bikin UMKM Lebih Percaya Diri dan Berkembang

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal