Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, banyak negara di dunia melihat Indonesia sebagai negara superpower mini. (Foto: dok iNews)
Ikhsan Permana SP

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, banyak negara di dunia termasuk Amerika Serikat (AS) melihat Indonesia sebagai negara superpower mini. Indonesia diyakini akan terus maju ke depan.

"Mereka menyampaikan ke saya di Amerika maupun di tempat lain, mereka mengatakan Indonesia superpower mini yang akan bisa maju ke depan ini," ujar Luhut di Gedung Sarinah, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Luhut meminta masyarakat untuk bangga dan tidak perlu ragu terhadap kekuatan yang dimiliki asalkan masyarakat Indonesia bersatu.

"Kalau kita kompak, kita pasti bisa, dan itu saya yakin karena pengalaman saya menangani Covid-19 yang begitu kompleks, tapi karena kita semua satu, dan sekarang ini kita bisa seperti ini," kata dia.

Dia juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk kompak dan memperkuat kerjasama untuk mengahadapi ketidakpastian global.

"Di tengah-tengah resesi global yang mungkin akan terjadi pada tahun depan, saya kira kita semua tahu akibat Perang di Ukraina dan juga ketegangan di Tiongkok, kita semua harus kompak untuk menghadapi keadaan ini," tuturnya.

Luhut menegaskan, masyarakat tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak perlu di antara sesama, karena kondisi global yang penuh ketidakpastian menuntut kekompakan dan kerja sama sebagai kunci utama untuk menghadapi kondisi yang diibaratkan dengan perfect storm.

"Kalau kita kerja di setiap lini kita perhatikan maka masalah pangan kita lihat, masalah tadi efisiensi kita liat semua industri buktinya bisa berjalan dengan baik, saya kira kita akan bisa lewati perfect storm," ucapnya.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT