JAKARTA, iNews.id - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) menutup tahun 2021 dengan pencapaian rekor tertinggi untuk pangsa pemirsa dan iklan free to air (FTA).
Pada kuartal IV 2021, MNCN mencapat pencapaian pangsa pemirsa di slot prime-time dengan pangsa pemirsa rata-rata 52,2 persen, yang merupakan peningkatan sebesar 14,7 persen dibandingkan pencapaian pada tahun 2020 yaitu sebesar 37,5 persen.
Kontributor utama dari kenaikan yang signifikan dari pangsa pemirsa prime-time MNCN adalah berasal dari jajaran serial drama dengan performa yang kuat, diproduksi seluruhnya oleh PT MNC Studios International Tbk (MSIN) dan berbagai program spesial in-house, seperti X Factor Indonesia, Indonesian Idol, dan Master Chef Indonesia.
Selain itu, pada slot all-time, MNCN mampu meraih pangsa pemirsa sebesar 44,8 persen, atau peningkatan sebesar 8,8 persen dari pencapaian pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 36 persen.
Program-program perseroan telah berkinerja sangat baik di tahun ini, dengan menempati 20 programnya sebagai 20 program terbaik di sepanjang tahun 2021.
Produksi internal perseroan telah berkontribusi dengan mengambil bagian terbesar dari program-program terpopular ini, yang memungkinkan monetisasi iklan lebih jauh melalui iklan non-reguler yang ditempatkan di dalam konten.
Pada 2022, MNCN berencana untuk memonetisasi konten internalnya lebih lanjut melalui iklan kreatif dengan meningkatkan penyiaran konten siaran lokal dibanding asing untuk mendekati rasio 90 persen:10 persen dibandingkan sebelumnya yaitu sekitar 80 persen:20 persen pada 2021.