Menkop Teten Ungkap Cara China Rebut Konsumen di Pasar Digital RI

Michelle Natalia
Menkop dan UKM Teten Masduki ungkap cara China rebut konsumen di pasar digital RI. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, produk impor asal China yang membanjiri pasar Indonesia mulai mengancam produk lokal. Pasalnya, sebanyak 50 persen lebih produk yang dijual di e-commerce berasal dari China. 

"Banjirnya produk asal China bisa membuat pelaku usaha dalam negeri gulung tikar karena kalah bersaing, seperti halnya di e-commerce, produk lokal kita kalah saing dengan produk luar," kata Teten dalam Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya SNIA V 2021 secara virtual di Jakarta, Selasa (31/8/2021).

Dia mengungkapkan cara China berhasil memenangkan preferensi konsumen di pasar digital Indonesia. Menurutnya, itu karena China mendapatkan informasi melalui market intelligence terkait selera pasar Indonesia.

Tidak hanya Indonesia, kata dia, informasi terkait selera pasar ini juga diberikan untuk negara-negara lain. Setelah diteliti, ditemukan bahwa UMKM di China mendapatkan panduan data market di Indonesia.

"Jadi e-commerce cross border mereka melakukan market intelligence untuk menangkap selera konsumen di setiap negara," ucap Teten.

Editor : Jujuk Ernawati
Artikel Terkait
Nasional
2 hari lalu

Menkop Ferry: Gerai Kopdes Dapat Jadi Etalase Produk Lokal dari Program Rocket Youthpreneur

Belanja
2 hari lalu

10 Tahun Shopee, Meriah Seharian dengan Penawaran Spesial di Puncak 12.12 Birthday Sale

Bisnis
4 hari lalu

Formas Buka Jalan Investasi China, KEK Batang Disiapkan Jadi Lokomotif Industri

Nasional
6 hari lalu

Banjir Barang asal China, Pemerintah Siapkan Aturan Pembatasan Impor

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal