Menkop Teten Ungkap Cara China Rebut Konsumen di Pasar Digital RI

Michelle Natalia
Menkop dan UKM Teten Masduki ungkap cara China rebut konsumen di pasar digital RI. (Foto: Ist)

Adanya informasi mengenai selera pasar domestik tersebut mendorong pelaku usaha bisa yakin dan percaya diri memproduksi barang dengan jumlah banyak. Selain itu, harganya juga lebih murah, sehingga produk-produk dari China laris manis karena informasi yang mereka dapatkan sangat akurat tentang selera pembeli. 

"Dengan market intelligence ini, infonya diberikan pelaku usaha UMKM yang sesuai permintaan market. Yang gitu pasti bisa laku karena itu pengiriman barangnya bisa sekaligus, borongan sehingga murah biaya logistiknya," tutur dia.

Hal tersebut berbeda dengan yang dilakukan pelaku usaha di Indonesia. Mereka seringkali terhambat biaya logistik yang tinggi karena mengirimkan barang dalam jumlah kecil.

"Nah problem kita, itu UMKM kita misal mengirimkan barang ke luar ritel ekspor selalu besar di ongkos. Itu satuan unit kecil, sementara dari luar, China datang kontainer sangat banyak, biaya logistik jadi murah," kata Teten. 

Editor : Jujuk Ernawati
Artikel Terkait
Bisnis
35 menit lalu

Kisah Sukses Wirausaha Muda bersama Shopee Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital

Nasional
2 hari lalu

Menkop Ferry: Gerai Kopdes Dapat Jadi Etalase Produk Lokal dari Program Rocket Youthpreneur

Belanja
3 hari lalu

10 Tahun Shopee, Meriah Seharian dengan Penawaran Spesial di Puncak 12.12 Birthday Sale

Bisnis
5 hari lalu

Formas Buka Jalan Investasi China, KEK Batang Disiapkan Jadi Lokomotif Industri

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal