NUSA DUA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan komitmen belanja produk dalam negeri dari hasil Business Matching di Bali yang mencapai Rp214 triliun menjadi bukti kebangkitan ekonomi kreatif.
Terkait dengan itu, Menparekraf Sandiaga Uno mengajak masyarakat dan pelaku ekonomi kreatif bersama-sama dengan pemerintah menyusun tatanan ekonomi baru pascapandemi Covid-19.
"Kita tidak bisa seperti dulu dimana ekonomi disusun sendiri-sendiri. Seperti pesan Presiden Joko Widodo kita harus pastikan ekonomi ini dirasakan sehingga peningkatannya mampu membuka peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja melalui ekonomi baru," kata Sandiaga Uno, saat mengunjungi kegiatan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3/2022).
Dia menjelaskan, tatanan ekonomi baru yang dimaksud adalah ekonomi berbasis digital, kesehatan, keunggulan SDM, berkeadilan, mendukung transisi energi, dan membuka peluang usaha sampai tingkat desa wisata dan desa kreatif.
Dengan demikian, terjadi pemerataan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan, bahkan dapat menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata yang berkualitas dan berkelanjutan dengan memperhatikan faktor lingkungan.