Itu terutama untuk memberikan manfaat seluasnya bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, menghadirkan kepribadian serta kepekaan yang baik, menghargai dan memuliakan nilai-nilai keragaman budaya serta jati diri, juga menjadikan Jakarta sebagai creative industry hub untuk kawasan Asia-Pasifik, tentunya dengan menerapkan kolaborasi pelaku kreatif dari unsur Hexa Helix, yaitu akademisi, pengusaha/UMKM, komunitas, pemerintah pusat dan daerah, media, serta agregator seperti lembaga keuangan dan inkubator.
Rangkaian acara bertempat di pada beberapa titik lokasi, yaitu SMESCO, iNews Tower, Sarinah, Pos Bloc, dan M Bloc Space. Dengan kegiatan mulai dari seminar nasional, talk show jejaring, hingga bersama mengunjungi pusat-pusat kreatif di Jakarta dalam sesi "Telusur Lokal" (Creative Tour).
Rangkaian kegiatan juga fokus mengumpulkan potensi dari forum lintas komunitas dari seluruh Indonesia yang menjadi jejaring ICCN, konsolidasi kerja dan strategi kegiatan ICCN pada 2022 dan 2023, serta penguatan kepengurusan jejaring ICCN di seluruh Indonesia. Rakornas ICCN 2022 didukung penuh oleh Mahaka X, Kementerian BUMN, Pupuk Indonesia, PLN, PLN Mobile, Telkomsel, MNC Group, Motion Banking, Motion Pay, GoTo, Tiket.com, dan sponsor lainnya.