Persaingan Makin Sengit, Ini e-Commerce Nomor 1 Andalan Penjual dan Pembeli

Anindita Trinoviana
Ilustrasi (Foto: dok Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa tahun terakhir ini, pesatnya perkembangan industri digital terasa dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Perkembangan tersebut mempengaruhi perilaku dan kebiasaan masyarakat yang sangat signifikan dalam menjalankan kegiatan harian, salah satunya saat berbelanja online. 

Tak dapat dipungkiri, belanja online saat ini telah dianggap sebagai solusi utama dalam memenuhi kebutuhan secara praktis dan fleksibel yang tidak dapat ditinggalkan.

Pada akhir kuartal I menuju awal kuartal II di 2023 ini, para pemain e-commerce baru saja melalui momen Ramadan. Periode ini merupakan salah satu momen penting, di mana antusiasme dan aktivitas berbelanja online masyarakat Indonesia sangat tinggi. 

Berdasarkan hasil riset Snapcart yang bertajuk ‘Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2023’ sejumlah 98 persen responden tertarik untuk berbelanja online guna memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan. 

Melihat tingginya persentase tersebut, tidak heran jika momentum ini dimanfaatkan oleh para pemain e-commerce untuk berlomba menyediakan sejumlah promosi serta terobosan baru guna menarik minat pengguna. 

Pada survei tersebut dipaparkan, Shopee menduduki peringkat pertama sebagai e-commerce yang paling sering digunakan untuk berbelanja persiapan dan kebutuhan selama bulan Ramadan (65 persen), memimpin jauh dari posisi kedua yaitu Tokopedia (21 persen). Kemudian, diikuti oleh TikTok Shop (7 persen), dan Lazada (5 persen).

Hal ini didukung dengan hasil survei, bahwa 64 persen responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang menawarkan promo Ramadan terbesar, jauh melampaui Tokopedia (20 persen), TikTok Shop (7 persen), dan Lazada (6 persen).

Pada salah satu indikator utama yang dapat menggambarkan persebaran preferensi konsumen dalam memilih platform e-commerce untuk berbelanja online pada tiga bulan terakhir menjelang Ramadan, berdasarkan hasil survei, menempatkan Shopee di peringkat pertama. 

Selanjutnya, berdasarkan indikator Brand Use Most Often (BUMO) atau merek yang paling sering digunakan, 61 persen responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (22 persen), TikTok Shop (9 persen), dan Lazada (7 persen). 

Melalui riset yang sama juga dipaparkan faktor pertimbangan responden dalam memilih platform e-commerce untuk berbelanja online selama bulan Ramadan. Adapun persebarannya, Gratis Ongkir (71 persen), Menyediakan Metode Pembayaran COD (37 persen), Program Ramadan yang Menarik (36 persen), dan Keseruan Livestream dengan Penjual (16 persen). 

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Belanja
6 hari lalu

Cara Cerdas Belanja Kebutuhan Rumah: Jadi ShopeeVIP!

Seleb
12 hari lalu

Hearts2Hearts Tampilkan Gaya Ceria dan Playful di Iklan Shopee 11.11 Big Sale

Belanja
17 hari lalu

Teknologi Digital Berkembang Pesat, Tren Belanja Online di Indonesia Tumbuh

Belanja
22 hari lalu

Tips Aman Belanja Online, Jangan Gampang Klik Link Sembarang!

Belanja
27 hari lalu

ShopeeVIP Bikin Belanja Sehari-hari Jadi Lebih Dekat, Lebih Spesial Tiap Kali Checkout

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal