JAKARTA, iNews.id - Departemen Pengembangan Ekonomi Pemerintah Kota Taipei kembali menggandeng perusahaan-perusahaan terkemuka di Taipei untuk memperluas jangkauan pasar mereka di ASEAN melalui Taiwan Expo 2024 di Indonesia. Gelaran ini diselenggarakan pada 16 - 18 Mei 2024 di Jakarta Covention Center (JCC).
Sebanyak 12 perusahaan terkemuka yang berpusat di Taipei berpartisipasi pada acara ini dengan memamerkan kekuatan Kota Taipei dalam bidang energi hijau, ekonomi sirkular, dan teknologi lingkungan.
Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN, Indonesia menghadirkan peluang baru bagi bisnis Taiwan melalui bonus demografi yang signifikan, kelas menengah yang berkembang pesat, inisiatif Industri 4.0 yang didorong oleh pemerintah, dan rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) pada 2024.
Menurut Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Taiwan menginvestasikan total 137 juta Dolar AS di Indonesia pada tiga kuartal pertama 2023, berkontribusi terhadap akumulasi investasi yang mencapai hampir 5,2 miliar Dolar AS sejak 1990, dan menjadikan Indonesia sebagai mitra dagang terbesar ke-14 bagi Taiwan.
Selain itu, pemerintah Indonesia secara aktif mempromosikan kebijakan pengurangan karbon dan mewajibkan ibu kota baru (IKN) menggunakan 100 persen energi bersih dan terbarukan. Kebijakan perdagangan yang ditargetkan mendorong bisnis untuk mengadopsi teknologi hijau, mendorong investasi dan inovasi dalam industri hijau, serta meningkatkan daya saing perusahaan yang menerapkan praktik berkelanjutan.
Agar lebih selaras dengan dinamika pasar di Indonesia, Kota Taipei mendirikan Paviliun unggulan pada acara Taiwan Expo 2024 di Indonesia, yang bertema "Smart Taipei, Green Innovation". Terdiri dari dua area pameran utama, yaitu "Smart Management" dan "Sustainable Solution", Paviliun ini menampilkan 11 perusahaan bermutu dari Kota Taipei dan menonjolkan citra proaktif kota ini di bidang teknologi pintar dan perlindungan lingkungan.
Selain itu, kegiatan "Taipei Green Salon" akan diselenggarakan setiap harinya selama periode pameran, yang meliputi pengenalan Kota Taipei, peluncuran produk dari perusahaan yang berpartisipasi, untuk menarik perhatian calon pembeli lokal yang berpotensi, dan menyediakan peluang bisnis yang lebih beragam.