Sejumlah inovasi dilakukan Alibaba untuk memeriahkan Hari Jomlo tahun ini. Perusahaan yang bermarkas di Hangzhou itu mengerahkan berbagai e-commerce-nya, termasuk Lazada yang berbasis di Asia Tenggara dan Ele.me yang mendongkrak penjualan lewat Starbucks.
Selain itu, Alibaba juga mengundang model Miranda Kerr dan penyanyi Mariah Carey untuk mempromosikan acara tersebut lewat gala dinner di Shanghai, sehari sebelum acara digelar. Pendiri sekaligus Chairman Alibaba, Jack Ma juga hadir dalam pembukaan acara meskipun tidak memberikan sambutan.
Perusahaan e-commerce raksasa ini fokus menggarap strategi yang disebut sebagai "ritel baru". Dalam konsep itu, Alibaba menyatukan antara bisnis online dan offline. Salah satunya Alibaba lewat toko grosirnya, Hema mengizinkan pelanggan untuk berbelanja dan membayar lewat ponselnya. Kesepakatan Alibaba dengan Starbucks juga menjadi bagian dari strategi ini.
"Ketika kita bicara soal dunia ritel baru, kami sangat percaya bahwa ritel online dan offline bukan suatu hal yang terpisah. Dan jika Anda melihat basis pelanggan saat ini, mereka semua hidup dalam internet. Semua orang pengguna internet. Anda mempunyai pelanggan yang sama. Anda hidup dalam dunia yang sama. Ini semua soal bagaimana kita berinovasi menyatukan bisnis online dan offline dalam satu dunia yang terdigitalisasi," kata CEO Alibaba, Daniel Zhang.