Platform Live Streaming Terpopuler
Berdasarkan survei yang dilakukan pada 506 laki-laki dan perempuan berumur 17-45 tahun pada Mei 2023, mengungkapkan 69 persen responden mengatakan Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, jauh melampaui para pesaingnya, yakni TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan LazLive (2 persen).
Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, jauh melampaui TikTok Live (30 persen), LazLive (4 persen), dan Tokopedia Play (2 persen).
“Hal ini sejalan dengan hasil riset kami, di mana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dan pangsa pasar nilai transaksi tertinggi, dibandingkan para pesaingnya,” ucap Timothy Astandu.
Gaya Belanja Masyarakat selama Live Streaming
Sama seperti aktivitas berbelanja lainnya yang dipengaruhi oleh tahapan perjalanan, live shopping memiliki faktor-faktor yang mendasari preferensi pilihan konsumen saat berbelanja. Dua dari banyak elemen yang dianggap penting antara lain penawaran menarik yang tergabung dari gratis ongkir, diskon serta promo spesial dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas.
- Live Shopping dengan Kategori Terlengkap
Kelengkapan kategori menjadi faktor penting yang diperhatikan konsumen saat melakukan live shopping. Kelebihan live shopping yang dapat melihat dan bertanya secara langsung melalui video, mempengaruhi keputusan konsumen saat berbelanja untuk kategori tertentu.
Pada riset ini terlihat bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85 persen), kecantikan, perawatan, dan kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari atau FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), serta ibu dan anak atau kebutuhan bayi (16 persen).
Hasil survei mengungkap juga bahwa dalam sebulan masyarakat dapat berbelanja dua hingga empat kali dengan budget yang dikeluarkan sekitar Rp200.000 dalam sekali transaksi.
Fashion dan Kecantikan menjadi dua kategori dengan persentase paling tinggi di antara kategori lainnya yang paling banyak dibeli saat live shopping. Kedua kategori tersebut menunjukan perputaran tren yang cepat, salah satunya melalui variasi hingga model produk yang dihadirkan.
Tidak dapat dipungkiri, bahwa hal ini juga berjalan beriringan dengan peluang yang dilahirkan oleh kemajuan teknologi. Di mana saat ini, konten kreatif yang meliputi review, haul hingga rekomendasi produk dapat ditemui di mana saja, salah satunya melalui fitur live streaming. Konten-konten ini memang cenderung lebih banyak pada dua area kategori ini.
Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion dan Kecantikan. Untuk kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden, jauh di atas pesaing terdekatnya TikTok Live (44 persen). Untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, jauh di atas pesaing terdekatnya, TikTok Live (51 persen).
Adapun persebaran preferensi konsumen saat memilih fitur streaming untuk live shopping pada masing-masing kategori, sebagai berikut ini.
Dalam meneliti fitur streaming untuk aktivitas live shopping, riset ini menggunakan tiga elemen untuk mendalami faktor kelengkapan kategori. Selain koleksi kategori yang lengkap, pilihan produk yang bervariasi juga mengambil peran, khususnya untuk memenuhi setiap preferensi konsumen yang berbeda-beda.
Pada survey ini, Shopee Live menduduki posisi terdepan yaitu 74 persen responden memilih sebagai fitur live streaming yang menawarkan rangkaian produk paling lengkap dan paling variatif, jauh di atas para pesaingnya, yakni TikTok Live (20 persen), Tokopedia Play (10 persen), dan LazLive (9 persen).
“Menempati posisi terdepan bagi sebuah merk, tentunya bukan hanya keberhasilan dari satu faktor saja. Selain kampanye yang dihadirkan secara konsisten, inisiatif lainnya seperti kolaborasi dengan brand atau pelaku usaha yang sejalan dengan tema kampanye serta pemilihan public figure yang memang dapat mendukung topik tersebut, dapat menjadi pilar guna menciptakan strategi yang efektif dan efisien,” kata Timothy Astandu.