- Live Shopping yang Menawarkan Penawaran Paling Menarik
Faktor pertimbangan lainnya bergerak seputar penawaran menarik, di mana elemen ini memang terus menjadi daya tarik utama untuk berbelanja dengan cara apapun, baik offline, online hingga live shopping. Hal ini karena sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik.
Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).
Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, serta fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar.
Hal ini sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk atau fitur live streaming yang paling disukai, jauh melampaui para pesaingnya, di antaranya Shopee Live (66 persen), TikTok Live (28 persen), Tokopedia Play (3 persen), dan LazLive (3 persen).
Tentu, hal tersebut perlu diperhatikan oleh seluruh e-commerce platform yang menawarkan fitur live streaming untuk dapat memberikan pelayanan dan keuntungan bagi masyarakat supaya tren belanja ini bisa menjadi kebiasaan baru serta menambah pilihan kanal belanja bagi masyarakat.
Akan tetapi, melihat tren live shopping yang baru saja masuk ke tahap awal perkembangan dan potensi besar yang masih banyak untuk ditawarkan ke depannya menjadikan peta persaingan ini semakin menarik untuk diperhatikan.