JAKARTA, iNews.id – Perkembangan pesat munculnya media digital tampaknya belum menggantikan sepenuhnya konsumsi masyarakat terhadap beragam media konvensional. Setiap lapisan masyarakat di Indonesia masih menggunakan media yang bermacam-macam dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini terungkap dalam riset terbaru yang diluncurkan oleh Nielsen Indonesia pada hari ini, Rabu (14/2/2018). Dalam riset tersebut, seluruh generasi, mulai dari Generasi Baby Boomers yang berusia 50-64 tahun hingga Generasi Z yang berusia 10-19 tahun mengonsumsi media mulai dari televisi hingga internet.
Hellen Katharina, Direktur Eksekutif Bisnis Media Nielsen Indonesia mengatakan, seluruh generasi kini menggunakan internet. Generasi Baby Boomers misalnya, 95 persen dari mereka menonton televisi, 32 persen mendengarkan radio, dan 9 persen mengakses internet. Sementara itu Generasi X yang berusia 35-49 tahun 97 persen menonton televisi, 37 persen mendengarkan radio, dan 33 persen mengakses internet.
“97 persen khalayak Generasi Z masih menonton televisi, 50 persen mengakses internet, 33 persen mendengarkan radio, 7 persen menonton televisi berbayar, dan 4 persen membaca media cetak. Generasi Milenial yang berusia 20-34 tahun, 96 persen dari mereka menonton televisi, dan 58 persen mengakses internet,” kata Hellen.
Hellen mengatakan, pola ini menunjukkan bahwa kebiasaan multi-screen dengan media digital menjadi hal yang lumrah. Pemirsa televisi yang juga mengakses internet mencapai 42 persen sementara pembaca media cetak yang juga mengakses internet mencapai 71 persen.