Simak Fakta Menarik Shopee Garansi Bebas Pengembalian, Apa Untung dan Ruginya bagi Penjual?

Rizqa Leony Putri
Memahami lebih dalam mengenai program terbaru di Shopee, yaitu Garansi Bebas Pengembalian. (Foto: Freepik/studioredcup)

Selain itu, mulai awal bulan April 2024 mendatang, ongkos kirim pengembalian barang dengan alasan khusus “Berubah Pikiran” secara otomatis tidak akan ditagihkan kepada penjual. Jadi, para penjual tidak perlu mengkhawatirkan adanya biaya ongkir yang dibebankan kepada penjual untuk pengembalian barang/dana dengan alasan khusus “Berubah Pikiran” di program Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini.

2. Pembeli bisa mengajukan pengembalian untuk sebagian jumlah barang yang ingin dikembalikan saja, tidak perlu mengembalikan keseluruhan pesanan

Di program Garansi Bebas Pengembalian, pembeli tidak perlu lagi mengembalikan seluruh barang yang diterima. Ya, kini pembeli bisa mengajukan pengembalian barang/dana untuk sebagian barang yang ingin dikembalikan saja ke penjual, walaupun barang-barang tersebut datang dari satu pesanan yang sama. Jadi, produk yang tidak diajukan dalam pengembalian barang atau dana akan tetap terjual. Dengan ini, proses pengembalian barang ke penjual menjadi lebih efisien dan efektif. 

3. Program ini hanya bisa digunakan oleh pembeli yang memenuhi syarat dan ketentuan

Untuk meminimalisir terjadinya kecurangan dan penyalahgunaan oleh pembeli yang mengakibatkan kerugian terhadap penjual, Shopee melakukan penilaian performa setiap akun pembeli secara berkelanjutan melalui sistem internal. Jadi, hanya pembeli yang memenuhi syarat dan ketentuan sajalah yang bisa mendapatkan keuntungan dari program teranyar Shopee Garansi Bebas Pengembalian ini.

Nah, jika ada pembeli yang teridentifikasi pernah melakukan penyalahgunaan atau tidak memenuhi syarat program Garansi Bebas Pengembalian, maka akun pembeli tersebut akan diblokir oleh Shopee. Dengan ini, penjual akan terhindar dari pembeli yang terindikasi dan terbukti telah menyalahgunakan program Garansi Bebas Pengembalian.

4. Penjual dapat melakukan banding jika menemukan pengembalian barang dari pembeli yang tidak sesuai syarat dan ketentuan

Dalam program Garansi Bebas Pengembalian di Shopee, para penjual juga mempunyai wewenang untuk mengajukan banding walaupun sudah ada keputusan agen Shopee, setelah menerima pengembalian produk dari pembeli jika menemukan pengembalian barang yang tidak sesuai syarat dan ketentuan. Pembeli juga diwajibkan melakukan pengemasan pengiriman pengembalian barang yang benar dan aman.

Nah, apabila penjual menghadapi kendala ketika melakukan banding, maka penjual bisa langsung menghubungi customer service Shopee. Apabila penjual yang terbukti benar dan memenangkan banding, maka penjual mendapatkan hasil penjualan.

Itulah beberapa hal penting yang harus diketahui para penjual dalam program Garansi Bebas Pengembalian di Shopee. Jadi sangat penting bagi para penjual untuk memahami fakta-fakta di atas untuk bisa memanfaatkan program Garansi Bebas Pengembalian di Shopee, untuk bisa mendapatkan banyak pembeli baru hingga meningkatkan pembelian berulang dari pembeli yang ada, dikarenakan tingkat kepuasan pembeli yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Telco
7 jam lalu

AdXelerate: Terobosan Programmatic Ads Telkom, Bikin Bisnis Makin Cuan

Mobil
7 jam lalu

Mitsubishi Destinator Tarik Perhatian Pengunjung GIIAS Semarang 2025, Sukses Lampaui Target Penjualan

Bisnis
8 jam lalu

Keseruan Alfamidi Family Day Fun Walk 2025, Jalan Sehat Sambil Pilah Sampah

Bisnis
9 jam lalu

Dukung Adaptasi di Era Digital, Telkom Ajak Media untuk Eksplorasi Penggunaan AI

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal