JAKARTA, iNews.id - Syarat dan cara refund tiket kereta api online akan diulas dalam artikel ini. Hal ini perlu Anda ketahui terutama bagi yang telah membeli tiket namun terpaksa harus membatalkan perjalanan.
Refund atau pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan sesuai ketentuan dan batas waktu yang ditentukan. Anda bisa membatalkan tiket secara online melalui aplikasi KAI Access atau datang ke customer service di stasiun kereta api terdekat.
Lalu, bagaimana syarat dan cara refund tiket kereta api online? Mengutip laman resmi KAI, syarat dan ketentuan refund atau pembatalan tiket secara online dan offline berbeda.
1. Pembatalan tiket harus dilakukan oleh penumpang yang datanya terdaftar pada aplikasi KAI Access dan menggunakan akun KAI Access orang yang bersangkutan.
2. Pembatalan tiket melalui KAI Access bisa dilakukan paling lambat 3 jam sebelum kereta api berangkat dan kode booking harus berstatus paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Apabila lewat dari waktu tersebut, maka pembatalan tiket harus dilakukan di loket stasiun.
3. Pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25 persen dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
4. Refund hanya dilakukan melalui transfer bank ke nomor rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket.
5. Jika terjadi kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan, maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun. Penumpang akan mendapat pemberitahuan melalui SMS blast.
6. Pembatalan tiket secara online juga bisa dilakukan bagi penumpang yang sebelumnya melakukan pembelian lewat situs online selain aplikasi KAI Access dan kode booking dapat masuk ke menu My Trip dan nama penumpang akan terdaftar sebagai user KAI Access.
7. Anda bisa menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat cs@kai.id untuk informasi lebih lanjut.