Snapcart Rilis Riset Karakteristik Perilaku Konsumen Berbelanja Online

Anindita Trinoviana
Snapcart rilis hasil riset "Karakteristik Perilaku Konsumen dan Preferensi dalam Berbelanja Online". (Foto: ist)

Kategori serta pilihan produk yang lengkap menjadi salah satu indikator atau langkah utama seorang individu dengan tipe perilaku ini dalam memilih sebuah platform untuk berbelanja online. Persebaran preferensi responden dalam memilih e-commerce pilihan untuk kategori produk pada 3 bulan terakhir dapat terlihat dalam data berikut: 

3. Wandering Customers 

Seiring perkembangan teknologi yang dibarengi oleh perubahan gaya hidup, para pemain e-commerce di Indonesia terus berinovasi untuk menciptakan fitur-fitur baru sebagai pelengkap. Fitur ini menawarkan hiburan yang memperkuat engagement konsumen sehingga memungkinkan bagi mereka untuk kembali berbelanja di platform tersebut.

“Kami melihat aspek yang membuat masyarakat untuk merasa nyaman berbelanja online adalah pilihan fitur yang tersedia. Tipe Wandering Customers, yaitu yang suka browsing-browsing, merupakan salah satu pengunjung situs e-commerce yang terbesar. Mereka memang tidak selalu belanja. Tetapi, kehadiran mereka sangat menentukan popularitas sebuah situs e-commerce," tutur Astrid Wiliandry.

Dia juga mengatakan salah satu magnet untuk menarik tipe perilaku Wandering Consumers adalah dengan adanya fitur hiburan menarik yang mendorong mereka aktif, seperti games dan video instan. 

Sama halnya dengan kelengkapan produk dan kategori, banyaknya fitur hiburan menarik membuat para pengguna lebih aktif dan kreatif. Melalui survei yang telah dilakukan, alasan konsumen menggunakan fitur hiburan dan gamifikasi adalah tertarik dengan hadiah yang ditawarkan (58 persen), populer di kalangan konsumen (33 persen), kemudahan menemukan fitur (29 persen), serta kesempatan berinteraksi dengan konsumen lain (19 persen). 

Melalui survei, fitur gamification yang digemari oleh konsumen yakni Shopee Tanam (51 persen), Tokopedia Panen Telur (13 persen) dan Lazada Coin Tree (2 persen). Sedangkan, untuk fitur hiburan yang disukai, konsumen memilih Shopee LIVE (50 persen), Shopee Video (28 persen), diikuti oleh Tokopedia Play (16 persen), Lazada Feed (1 persen), dan LazLive (1 persen).

Berdasarkan data-data dari survei Snapcart, terlihat semakin sengitnya persaingan para pemain e-commerce dalam menghadirkan inovasi dan program yang dapat menjawab seluruh kebutuhan sesuai dengan masing-masing preferensi konsumen.

Dapat disimpulkan bahwa Shopee masih unggul mempertahankan posisinya sebagai e-commerce pilihan. Laporan SnapCart ini semakin diperkuat dengan data dari SimilarWeb. Data tersebut memaparkan Shopee memiliki rata-rata 175,66 juta pengunjung website per bulannya pada 3 bulan terakhir (Juni-Agustus 2022), diikuti oleh Tokopedia dengan 147,93 juta pengunjung web pada periode yang sama.

“Melihat preferensi setiap karakteristik yang terjawab melalui inovasi dan program yang dihadirkan, menunjukan bahwa Shopee terus berupaya memenuhi kebutuhan serta memperhatikan setiap aspek yang memberikan pengalaman terbaik saat melakukan aktivitas belanja online. Tentunya pertarungan masih belum selesai, festival belanja online akhir tahun baru saja dimulai. Sangat menarik untuk diamati kelanjutannya hingga penghujung tahun 2022,” kata Astrid.

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Belanja
36 menit lalu

Digitalisasi Operasional Bantu E-Commerce Tumbuh Lebih Tangguh, Ini Alasannya! 

Belanja
10 hari lalu

Cara Cerdas Belanja Kebutuhan Rumah: Jadi ShopeeVIP!

Seleb
16 hari lalu

Hearts2Hearts Tampilkan Gaya Ceria dan Playful di Iklan Shopee 11.11 Big Sale

Belanja
21 hari lalu

Teknologi Digital Berkembang Pesat, Tren Belanja Online di Indonesia Tumbuh

Belanja
26 hari lalu

Tips Aman Belanja Online, Jangan Gampang Klik Link Sembarang!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal