JAKARTA, iNews.id - PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel akan terus memperluas kolaborasi dengan platform OTT (over the top). Hal itu, terkait dengan target anak perusaaan PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) itu untuk menjadi perusahaan Digital Telco.
GM Video and Partnership Telkomsel, Luthfi Cahya Wibisono, mengatakan kerja sama dengan multi-platform OTT bakal terus digelar demi mengejar misi digitalisasi untuk menjadi perusahaan digital di bidang telekomunikasi (digital telco) yang diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi Telkom selaku induk perusahaan.
“Kita ingin fokus berkolaborasi dengan platform OTT karena market Indonesia untuk industri video ini sangat menarik," kata Luthfi dalam acara Indonesia Brand Forum 2022, Senin (19/9/2022).
Dia menjelaskan, kolaborasi dengan platform OTT pertama kali dilakukan Telkomsel pada 2016 dengan Hooq asal Singapura dan VIU asal Hong Kong. Dari sana, Telkomsel terus beranjak melakukan kolaborasi dengan berbagai platform OTT yang terintegrasi dengan Telkomsel.
Kolaborasi Telkomsel dengan Disney+ Hotstar dinilai memiliki kurun waktu negosiasi tercepat, yakni selama kurang lebih empat bulan. Adapun pandemi menjadi pendorong utama bagi Telkomsel untuk menghadirkan tayangan OTT sesegera mungkin, hingga akhirnya kerja sama itu dieksekusi pada September 2020