JAKARTA, iNews.id - Transaksi fesyen Muslim melonjak hingga 7 kali lipat di platform e-commerce, seiring cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran 2023.
Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan ramadan merupakan salah satu momentum bagi e-commerce untuk meningkatkan pendapatan. Hal itu, didukung transaksi fesyen muslim yang menjadi salah satu kategori produk paling laris.
Menurut dia, penjualan fesyen muslim mulai dari busana hingga scraf bisa naik hingga 7 kali lipat pada dua minggu pertama Ramadhan bila dibandingkan dwimingguan biasa sepanjang kuartal I 2023.
"Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan. Hal itu, didukung kegiatan buka bersama maupun persiapan jelang lebaran," ujar Nuraini Razak, dalam Media Gathering Tokopedia ‘Bicara Tren Belanja Online Ramadhan 2023’ di kawasan Kuningan, Senin (10/4/2023).
Selain busana muslim keluarga, scarf wanita dan baju koko pria menjadi produk terlaris di kategori pakaian (fashion). Kategori lainnya yang mengalami peningkatan penjualan selama Ramadhan, yakni Rumah Tangga, Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, dan Otomotif.