JAKARTA, iNews.id – Di tengah pandemi Covid-9, para pelaku usaha harus berpikir keras untuk bisa mempertahankan bisnisnya. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar, UMKM juga demikian halnya.
Salah satu peserta BRILianpreneur 2021, PT Beema Boga Arta—yang memproduksi madu organik berkualitas tinggi dengan merek BeeMa Honey sejak 2017—berbagi tips kepada para pelaku UMKM tentang cara bertahan selama pandemi.
Direktur PT Beema Boga Arta, Fransisca Natalia Widowati menuturkan, modal utama agar UMKM bisa tetap eksis di masa-masa sulit seperti pandemi saat ini adalah semangat pantang menyerah. “Mungkin terdengar sedikit klise. Tapi tipsnya itu ya, jangan pernah menyerah dalam berinovasi,” kata dia kepada iNews.id, Sabtu (26/3/2022).
Dia menuturkan, pelaku usaha harus banyak membuat inovasi, baik pada produk, cara penjualan, maupun pada cara beriklan (promosi). Untuk inovasi produk, salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan membuat varian produk yang menarik pasar.
“Dari sisi cara penjualan, pengusaha bisa membuat terobosan lewat kolaborasi dengan UMKM lain, misalnya,” ujarnya.
Fransisca mengatakan, saat memasuki pandemi Covid pada 2020, penjualan madu organik BeeMa Honey lewat ritel modern menurun cukup signifikan. Dia pun langsung mengubah strategi. Salah satunya dengan membuat banyak paket penjualan menarik yang berkolaborasi dengan UMKM-UMKM lain. Di samping itu, BeeMa Honey juga memberikan diskon serta beriklan di media sosial.
Upaya tersebut ternyata tidak sia-sia. Fransisca mengungkapkan, penjualan madu BeeMa menjadi cukup stabil sepanjang dua tahun terakhir.