Tips Memilih KOL yang Tepat untuk Bisnis

Dovana Hasiana
KOL Management Specialist Rizal Ramadhan memberikan tips memilih KOL yang tepat untuk bisnis. Foto: YouTube Partai Perindo

JAKARTA, iNews.id - Key Opinion Leader (KOL) merupakan salah satu instrumen yang tidak terpisahkan dari promosi atau marketing bisnis dan perusahaan. Kehadiran KOL sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya meningkatkan brand awareness. 

KOL Management Specialist Rizal Ramadhan mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam memilih dan menentukan KOL untuk memasarkan produk mereka. Pertama, menyesuaikan KOL dengan budget yang disiapkan. 

“Perusahaan tentu kalau menggunakan KOL sudah menyiapkan budget. Ini tergantung dengan budget yang disiapkan masing-masing perusahaan,” kata dia dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (27/6/2023).

Rizal melanjutkan, ada perbedaan strategi yang harus diterapkan dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Misalnya, perusahaan telah menyiapkan budget sebesar Rp70 juta untuk menggunakan KOL, maka lebih baik mengedepankan aspek kuantitas. Artinya, perusahaan disarankan menggunakan lebih banyak KOL mikro atau belum memiliki banyak followers. 

Dengan budget tersebut, perusahaan setidaknya bisa menggaet 30 hingga 40 KOL mikro. Dengan begitu promosi yang dilakukan bisa terus berjalan dan semakin meningkatkan brand awareness.

Editor : Jujuk Ernawati
Artikel Terkait
Internet
2 tahun lalu

Cara Media Social Specialist Bersaing dengan KOL: Harus Ikuti Tren 

Bisnis
2 tahun lalu

Tertarik Jadi KOL Management Specialist? Ketahui Tugas dan Kualifikasinya

Kuliner
5 tahun lalu

Cara Membuat Telur Dadar Sayuran, Pakai Bumbu Rahasia Ini agar Lezat dan Tebal

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal