UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR Buka Jalan Produsen Aksesoris Jajal Pasar Internasional

Anindita Trinoviana
BRI terus berkomitmen mendukung dan mendampingi UMKM agar bisa menembus pasar internasional dengan melibatkan dalam ajang UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. (Foto: dok BRI)

BRILIANPRENEUR merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan BRI, di mana seluruh rangkaian acara ini melibatkan UMKM untuk meningkatkan promosi kepada masyarakat sehingga diharapkan dapat berdampak pada peningkatan penjualan produk-produk mereka.

“Saya harus akui, kuratornya bagus banget, display-nya rapi, flow-nya juga rapi sama seperti pameran di Milan, Italia. Dari pihak BRI juga relasinya sangat baik. Setelah event, masih ada kelanjutannya, misalnya nama kita di-share ke pembeli dari luar negeri. Hal ini tentu sangat membantu,” kata Zara, alumni S2 dari Politecnico di Milano bidang Fashion Conception ini.

Bagi Zara, BRILIANPRENEUR membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk menyasar pasar internasional. Meskipun Hexagon sudah menjajal pasar Italia sejak awal berdiri, kegiatan pameran yang diikuti bisa membantu memperluas pasar ke negara lain atau konsumen baru.

“Saya memiliki hubungan yang baik dengan dosen ketika berkuliah di Italia. Oleh karena itu, ketika awal berdiri, saya ditawari untuk memamerkan produk Hexagon di Milan Design Week. Pasar di sana suka banget sama yang kayu-kayu recycle. Sampai sekarang masih jalan karena lumayan repeat order. Sekarang, produk Hexagon kami dikirim juga ke Queensland dan Victoria di Australia,” ujarnya.

Zara berharap, ke depan BRI selaku bank pelopor UMKM dapat melanjutkan dan terus mengembangkan program BRILIANPRENEUR agar pelaku usaha seperti dirinya termotivasi untuk terus memperbesar usahanya.  

“Pelaku UMKM sangat banyak di Indonesia, saya sudah sering juga pameran di luar, saya bisa bilang barang di Indonesia itu tidak kalah bagus. Oleh karena itu, pelaku UMKM yang masih muda-muda bisa lebih diangkat lagi,” katanya. 

Pada kesempatan berbeda, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan, bahwa BRILIANPRENEUR merupakan inisiatif BRI untuk memperkenalkan keunikan UMKM dan produk nasabah binaannya yang memiliki daya saing tinggi. Ajang ini menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. 

“Kami tentu melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara lain. Kami berharap kisah Hexagon dan UMKM lain yang berhasil go global dapat menjadi cerita inpiratif dan diikuti oleh pelaku UMKM lainnya di Indonesia,” ucap Amam.

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Belanja
16 menit lalu

Mau Bangun Smart Home Lebih Praktis? Ini Cara Belanja Cerdas Berkat Benefit ShopeeVIP

Bisnis
4 jam lalu

PURI Resmikan Peluncuran Proyek Baru di Kawasan Trembesi Awal 2026

Bisnis
1 hari lalu

Kementerian UMKM Perkuat Klaster Fesyen dan Kerajinan Tangan lewat Holding UMKM

Music
1 hari lalu

Soundrenaline 2025 Hadir di Medan, Rayakan Musik dan Semangat Kolektif Kota

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal