JAKARTA, iNews.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menggelar empat fokus kegiatan terkait keketuaan Indonesia ASEAN 2023. Hal ini dilakukan untuk memperkuat peran ASEAN sebagai hub produksi regional.
Pernyataan ini diutarakan oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam diskusi "Indonesia’s ASEAN/Business Advisory Council (BAC) Chairmanship 2023: Strengthening ASEAN Centrality in Global Markets” yang dihelat pada Rabu (18/1) di Paviliun Indonesia di Davos, Swiss.
"Rencananya, Indonesia akan menggelar delapan acara unggulan. empat di antaranya akan berada di bawah Kementerian Perdagangan. Acara pertama, peluncuran fisik ASEAN Online Sale Day (AOSD). Kedua, seremonial implementasi penuh Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) setelah Filipina menyelesaikan proses ratifikasinya. Ketiga, peluncuran New ASEAN Tariff Finder. Keempat, penyelesaian kajian dan peluncuran negosiasi Digital Economy Framework Agreement (DEFA),” jelasnya dikutip dari keterangan resmi, Minggu (22/01/2023).
Dia juga meneruskan arahan Presiden Joko Widodo yang pernah disampaikan dalam dalam ASEAN Business and Investment Summit 2022 mengenai ASEAN yanf harus mampu mengambil peran sebagai mesin utama pertumbuhan kawasan dengan beberapa cara.
"Cara pertama, menguatkan peran ASEAN sebagai hub produksi regional yang merupakan bagian integral dari rantai nilai global yang sangat kompetitif. Cara selanjutnya, mendorong transisi energi untuk ketahanan energi yang berkelanjutan demi menghindari krisis energi akibat konflik," ungkapnya.