JAKARTA, iNews.id - Perempuan berperan penting di era ekonomi digital saat ini, khususnya melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).
Pernyataan itu, disampaikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, dalam webinar "Indonesian Womenpreneurs Rising Through Business Digitalization in the Post-Pandemic Era”, yang diinisiasi HerStory Indonesia, Selasa (28/6/2022).
Menurut dia, penggunaan teknologi kian terakselerasi di tengah masyarakat, akibat pandemi, seperti aktivitas belanja melalui platform e-commerce yang menjadi pilihan terbaik. Untuk itu, dia menekankan pentingnya peran aktif perempuan dalam mendigitalisasi ekonomi agar pulih dan bangkit.
"Dua tahun kemudian, habit menggunakan platform digital ini tidak hilang. Walaupun masyarakat kembali beraktivitas secara fisik, namun ada hal-hal yang sudah disubstitusi oleh teknologi, dan adapula hal-hal yang sudah terkomplementer oleh teknologi, sehingga para womenpreneur di luar sana atau yang hadir pada siang hari ini, kita harus sadar bahwa pengaruh digitalisasi ini tidak bisa kita abaikan," kata Angela Tanoedoedibjo.
Dia menyebutkan, data Bank Indonesia menunjukkan transaksi nilai dagang elektronik pada 2021 meningkat 50,8 persen, mencapai Rp401 triliun dibandingkan tahun 2020 dan diperkirakan akan meningkat 31,2 persen tahun ini.