Investor legendaris Warren Buffett menyumbangkan sekitar Rp58,92 triliun dalam bentuk saham kepada Bill & Melinda Gates Foundation dan 4 badan amal keluarga. (Foto: AFP)
Aditya Pratama

NEW YORK, iNews.id - Investor legendaris Warren Buffett menyumbangkan sekitar 4 miliar dolar AS atau setara Rp58,92 triliun dalam bentuk saham kepada Bill & Melinda Gates Foundation Trust dan empat badan amal keluarga. Ini merupakan bagian dari janji miliarder tersebut untuk memberikan hampir semua kekayaannya. 

Mengutip Reuters, perusahaan yang dijalankan Buffett, Berkshire Hathaway Inc menyampaikan, sumbangan tersebut terdiri dari sekitar 14,4 juta saham Kelas B, yang harga penutupannya pada Selasa 277,64 dolar AS.

Secara rinci, 11 juta saham akan diberikan kepada Bill & Melinda Gates Foundation, dan 1,1 juta akan diberikan kepada Susan Thompson Buffett Foundation, yang diambil dari nama mendiang istri pertama Buffett.

Sementara, 770.000 saham lainnya juga akan diberikan kepada masing-masing dari tiga badan amal yang dijalankan oleh anak-anak Buffett, Howard, Susan dan Peter, di antaranya Yayasan Howard G. Buffett, Yayasan Sherwood, dan Yayasan Novo.

Sejak 2006, Buffett yang berusia 91 tahun telah menyumbangkan lebih dari setengah saham Berkshire-nya, dengan sumbangan senilai sekitar 45,5 miliar dolar AS pada saat itu dilakukan.

Terlepas dari donasi, Buffett masih memiliki sekitar 16 persen dari Berkshire dan mengendalikan sekitar sepertiga dari hak suaranya.

Kedua persentase tersebut cukup stabil dalam beberapa tahun terakhir karena Berkshire telah secara agresif membeli kembali sahamnya sendiri.

Selain Berkshire, Buffett memiliki lusinan bisnis seperti kereta api BNSF dan asuransi mobil Geico, dan saham seperti Apple Inc dan Bank of America Corp.

Dia dan Bill Gates juga memelopori "The Giving Pledge", di mana lebih dari 200 orang seperti Michael Bloomberg, Larry Ellison, Carl Icahn, Elon Musk dan Mark Zuckerberg menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk filantropi.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT