Nasihat Warren Buffett dalam mengatur keuangan pribadi bisa Anda jadikan acuan dalam perencanaan keuangan. (Foto: Reuters)
Aditya Pratama

JAKARTA, iNews.id - Nasihat Warren Buffett dalam mengatur keuangan pribadi bisa Anda jadikan acuan dalam perencanaan keuangan. Selain dikenal sebagai investor legendaris, Buffett juga kerap membagikan ilmunya dalam mengelola keuangan.

Mengatur keuangan merupakan keharusan yang dilakukan setiap orang agar pengeluaran terkendali dan tidak boros. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang baik mengenai finansial agar dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Dalam berbagai kesempatan, Buffett kerap menyampaikan beragam informasi mengenai keuangan, termasuk investasi. Dikutip dari berbagai sumber, berikut nasihat Warren Buffett dalam mengatur keuangan pribadi.

1. Sediakan uang kas

Buffett menyebut salah satu kunci mengatur keuangan yaitu menyediakan uang kas. Sebab, menurutnya cadangan kas perlu dipertahankan di batasan tertentu.

Uang tersebut diperlukan jika suatu saat Anda mengalami keadaan krisis, sehingga masih memiliki uang simpanan dengan kas yang sebelumnya telah dipisahkan.

2. Hindari utang, terutama utang kartu kredit

Nasihat Warren Buffett dalam mengatur keuangan pribadi selanjutnya yaitu menghindari utang, terutama utang kartu kredit. Menurutnya, bunga yang ada di kartu kredit jumlahnya besar.

Dalam suatu kesempatan, Buffett menyebut banyak orang gagal karena kebiasaan meminum minuman keras dan berutang.

Buffett sangat berhati-hati dengan kartu kredit. Dia menyarankan untuk menghindari hal tersebut sama sekali. 

3. Jangan kehilangan uang

Buffett menekankan untuk jangan kehilangan uang dalam mengelola keuangan. Jika uang tersebut untuk investasi, diusahakan untuk melakukan yang terbaik dan hindari kerugian. 

Anda dikatakan kehilangan uang jika membeli barang dengan harga yang tidak sebanding dengan nilai yang didapatkan.

4. Berinvestasi pada diri sendiri

Buffett menyebut, dengan berinvestasi pada diri sendiri akan membuat kemampuan lebih meningkat dan berharga.

Dia menegaskan, dengan berinvestasi pada diri sendiri tidak akan pernah merugi jika Anda bisa melihat dan mengambil kesempatan mengambil peluang yang ada.

5. Bentuk kebiasaan menata uang secara sehat

Buffett menyampaikan, kesalahan terbesar mengelola keuangan yang buruk adalah tidak membangun kebiasaan menabung. Dia juga menyampaikan untuk menghilangkan kebiasaan yang membuat keuangan tidak sehat, salah satunya mencampur keuangan pribadi dengan keuangan bisnis.

Itu tadi ulasan mengenai nasihat Warren Buffett dalam mengatur keuangan pribadi. Semoga bermanfaat.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT