Kehadiran Internet Dorong Kebiasaan Dual-Screen pada Konsumsi Media

Rully Ramli
Saat ini, ada tren duplikasi di berbagai perangkat media di tengah kebiasaan dual screen pengguna dalam mengonsumsi media. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Konsumsi media saat ini menjadi lebih kompleks dengan kehadiran internet. Salah satunya mendorong kebiasaan dual-screen antara media digital dengan media konvensional.

Berdasarkan riset Nielsen yang dikutip Selasa (5/3/2019), kebiasaan dual-screen menjadi suatu hal yang lumrah, karena konsumen menikmati konten media melalui berbagai jenis perangkat digital.

"Terdapat setidaknya 50 persen duplikasi antara TV vs Digital, 62 persen duplikasi pada Radio vs Digital, sementara duplikasi Media Cetak dan Digital mencapai 72 persen," tulis Nielsen.

Menurut Nielsen, semua generasi telah mengadopsi internet dan penetrasi internet terus bertumbuh di semua kelompok usia. Saat ini, 79 persen dari pengguna mengakses internet melalui smartphone.

Penetrasi tertinggi ditemukan pada Generasi Milenial (kelahiran 1980-1999) dan Generasi Z (kelahiran di atas 2000) dengan penetrasi masing-masing 58 persen dan 50 persen. Sementara Generasi X (kelahiran 1960-1980) di angka 33 persen dan Generasi Baby Boomers (kelahiran 1946-1964) di angka 9 persen.

Editor : Rahmat Fiansyah
Artikel Terkait
Nasional
21 hari lalu

Industri Media Berubah Cepat, Angela Tanoesoedibjo Ingatkan Mahasiswa Harus Adaptif!

Nasional
2 bulan lalu

Angela Tanoesoedibjo: Industri Media Hadapi Tantangan di Tengah Konflik Geopolitik

Nasional
4 bulan lalu

Dewan Pers Sebut Ketidakadilan Distribusi Iklan Penyebab Badai PHK di Industri Media

Nasional
6 bulan lalu

Angela Tanoesoedibjo Ungkap 3 Pilar Utama Kesuksesan Industri Media, Apa Saja?

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal