Masyarakat Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 5 jam setiap harinya untuk mengkonsumsi konten, baik melalui media konvensional maupun internet. Studi Nielsen pada 2018 menunjukkan menonton TV masih tertinggi yaitu rata-rata 4 jam 53 menit setiap hari, diikuti internet (3 jam 14 menit), mendengarkan radio (2 jam 11 menit), membaca koran (31 menit) dan membaca majalah (24 menit).
Vice President MNC Group, Sukma Archie, kehadiran internet dan kebiasaan dual screen membuat pengukuran pemirsa harus dilakukan secara tepat. Pasalnya, duplikasi antara media digital dan konvensional makin tinggi.
Hal ini menjadi tantangan bagi industri, terutama terkait konten dan iklan yang dikonsumsi baik melalui media konvensional maupun digital. Di samping itu, mengukur pemirsa yang melihat iklan atau konten di media digital tidak semudah di media konvensional.
Media digital memiliki berbagai macam matriks pengukuran seperti Video Views, Click Through Rate, Page Views, Impressions yang lebih mengacu kepada aktivitas, tanpa mengetahui siapa di balik aktivitas tersebut.
“Untuk siap di digital, ada tiga hal yang perlu kami perhatikan. Pertama adalah bisnis modelnya, yang kedua adalah ekosistemnya dan yang ketiga adalah currency data-nya,” kata Sukma.