Baby L, putra Lesti Kejora dan Rizky Billar dikabarkan akan operasi hernia. (Foto: Instagram)
Muhammad Sukardi

JAKARTA, iNews.id - Putra Rizky Billar dan Lesti Kejora, baby L dikabarkan menderita sakit hernia. Mengidap penyakit tersebut, bayi bernama lengkap Muhammad Leslar Al-Fatih Billar itu akan menjalani tindakan operasi hernia dalam waktu dekat.

Rizky Billar pun meminta doa untuk keselamatan sang buah hati yang segera menjalani operasi hernia. Dia berharap  agar baby L bisa kembali pulih dan sehat.

"Mohon doanya agar operasi hernia Fatih dilancarkan," kata Rizky Billar di Instagram, seperti dikutip pada Selasa (20/9/2022).  

Sebagai informasi, penyakit hernia merupakan kondisi ketika organ dalam tubuh menonjol melalui dinding otot atau jaringan di sekitarnya. Secara umum, penyakit ini tidak berbahaya, namun jika dibiarkan dapat berkembang menjadi masalah serius dan mengancam nyawa.

Tidak dijelaskan lebih lanjut apa penyebab baby L mengalami sakit hernia. Namun secara umum, ada beberapa faktor yang membuat seseorang, khususnya bayi, terkena hernia.

Menurut laporan Children's Hospital of Philadelphia, hernia pada bayi biasanya bersifat penyakit bawaan, yang mana penyakitnya sudah ada sejak lahir namun mungkin tidak terlihat di awal. Sampai akhirnya saat bertambahnya usia, hernia itu muncul atau mulai tampak.

Mayoritas hernia pada anak-anak adalah hernia jenis inguinalis yang berarti hernia berada di bagian bawah perut, dekat selangkangan. Pada anak laki-laki, bagian usus yang menonjol dapat memasuki skrotum yang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri.

Sedangkan, pada anak perempuan, pembengkakan biasanya di labia atau selangkangan. Daerah yang paling umum munculnya hernia pada anak-anak adalah perut, selangkangan, dan pusar.

Gejala 

Secara umum, hernia dikenali dari pemeriksaan fisik rutin yang dilakukan dokter. Itu sebabnya penting bagi orang tua yang memiliki bayi maupun anak untuk rutin cek kesehatan ke fasilitas kesehatan.

Terkait itu, ada beberapa gejala hernia yang dapat terlihat, di antaranya:

1. Muncul benjolan di selangkangan dekat paha

2. Bayi menangis terus menerus tanpa sebab

3. Ada benjolan yang lebih besar saat anak berdiri atau mengejan, tapi benjolan menghilang saat anak berbaring

4. Rasa sakit dan nyeri ketika ditekan

Pada kasus hernia yang lebih serius, bayi mungkin akan mengalami mual dan muntah, perut kembung, serta benjolan terus membesar, memerah, dan nyeri saat disentuh. 



Editor : Siska Permata Sari

BERITA TERKAIT