Sejumlah publik figur dan kreator pun turut hadir sebagai pembaca nominasi, di antaranya Najwa Shihab, Merry Riana, kreator memasak Dimas Ramadan (dimsthemeatguy), dan kreator asal Jepang Bayashi (bayashi.tiktok).
Bertema #BigOnTheSmallScreen, terdapat delapan sub-kategori di bawah “Public’s Vote”, di mana kreator dinilai berdasarkan jumlah voting dari pengguna.
Lalu, delapan sub-kategori lainnya di bawah “Judges Pick” dipilih berdasarkan kriteria penilaian para dewan juri, seperti Angga Anugrah Putra selaku General Manager Operations and Marketing TikTok SEA, Cinta Laura sebagai Entertainer, Fabian Dharmawan selaku Entrepreneur, Social Activist, SVP Production Coordinator 3 TV, RCTI, serta Anton Ismael selaku Fotografer Profesional.
Senior Marketing Manager TikTok Indonesia Karina Mahaya mengatakan, para kreator dapat memberi dampak besar, baik di TikTok maupun bagi masyarakat.
"Melalui unggahan konten singkat yang terlihat sederhana, para kreator ini mampu memberikan dampak besar di TikTok, bahkan tidak jarang menggerakkan perubahan positif bagi masyarakat. Karenanya, TikTok Awards Indonesia ingin merayakan pencapaian para kreator kami yang luar biasa,” ucapnya.
Dia juga berharap, para pemenang dapat memberi dampak positif dan menginspirasi masyarakat luas.
“Kami harap, dampak positif yang terus dihadirkan oleh para pemenang tahun ini tidak hanya ikut dirasakan, tapi juga bisa menginspirasi masyarakat luas untuk bisa mendorong perubahan positif melalui caranya masing-masing," ujar Karina Mahaya.
Para Pemenang TikTok Awards Indonesia 2023
Selain Pandawara Group (pandawaragroup) yang dinobatkan sebagai jawara, terdapat pula dua kreator yang terpilih pada kategori Changemakers of The Year, yaitu Wike Afrilia (wike.afrilia). Wike merupakan kreator asal Sulawesi yang saat ini tinggal di Papua dan sering berinteraksi sehari-hari dengan masyarakat daerah tersebut, termasuk tradisi, serta kebudayaan daerah.
Lalu, terpilih pula UMKM yang memasarkan berbagai snack ringan di TikTok, Sajodo Snack (sajodosnack). Sejak berjualan di TikTok, Sajodo Snack berhasil membuka lapangan pekerjaan dan saat ini telah mempekerjakan 140 staf, serta berkolaborasi dengan dua desa kecil. Hal tersebut sukses memberi manfaat bagi sekitar 200 orang di Indonesia.